Cara Membuat Rem Honda Supra Lebih Pakem

Untuk melakukan upgrade performa sistem pengereman enggak harus dengan part aftermarket kok bro. Dengan part standar bawaan motor pun bisa dilakukan agar suatu sistem menjadi lebih baik dari sisi kinerja dan kemampuannya.

Subtitusi master rem depan yang dilakukan oleh Supono Ngudiarto pembesut Honda Supra X 125 Fi menggunakan milik Suzuki Satria F150 Fi.
"Kebetulan teman ada yang jual murah dan masih bagus, ya aku beli, enaknya rem jadi lebih pakem," ucap Pono sapaan akrabnya.

Bila melihat dari fisik master rem, kepunyaan Satria F150 Fi lebih besar. Untuk lebih pakem yang dirasakan tersebut karena untuk asli bawaan Satria FU 150 Fi sudah mengadopsi 2 piston kaliper.
Sedangkan bawaan Supra X 125 Fi hanya 1 piston. Pastinya tekanan master rem semakin kuat kan bro.

Pemasangannya pun sangat mudah, tinggal PnP alias langsung plek.
"Enggak perlu coak-coak bodi kok, malahan kaca spion pun bisa terpasang dengan normal," tambah pria yang tinggal di Papan Mas, Tambun.

Hanya saja handle master rem ini sedikit lebih panjang dibanding bawaan Supra X 125 Fi. Untuk harga master rem, bila dilihat di katalog resmi Suzuki part, harga master rem ini dihargai Rp 310 ribu di bengkel resmi Suzuki.

Masih termasuk murah, master rem berlabel Bybre yang notabenya merupakan juga produk yang diproduksi oleh Brembo di India. Jadi secara kualitas tidak perlu diragukan lagi bro karena sudah standar bawaan pabrik.