Tips Seputar CVT Motor Terpopuler 2017

CVT merupakan kependekan dari Countinuously Variable Transmission. Lebih rincinya, CVT adalah alat penggerak otomatis pada motor matik. Fungsinya sama seperti motor berpenggerak rantai, yakni meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang.
Berikut Tips Seputar CVT Motor Terpopuler 2017.

1. Mengenal Komponen CVT Motor
CVT pada motor matik terdiri dari 4 komponen utama. Pertama, Primary Sheave. Kedua, V-Belt. Ketiga, Secondary Sheave. Dan keempat, Gear Reduksi.

2. Perawatan Komponen CVT di Motor Matik
Komponen dalam CVT perlu dibersihkan dari debu dengan kompressor. Selain itu komponen rumah roller, roller dan juga sliding sheave juga perlu dibersihkan menggunakan bensin. Pengecekan dan perawatan ringan CVT ini sebaiknya dilakukan setiap 4.000 km. Bisa sambil servis rutin.

3. Penyebab Timbulnya Suara Berdecit dari Area CVT
Pada motor matik, suara berdecit seperti tikus biasanya datang dari bagian sistem transmisi CVT. Suara tersebut biasanya muncul ketika akselerasi awal dan hilang ketika motor sudah jalan.

4. Penyebab Lain CVT Motor Jadi Berisik dan Bergetar
Sebagian pemilik motor skutik mengeluhkan kondisi CVT berisik ketika dipanaskan pagi hari. Selain berisik, getaran pun timbul dari CVT pada saat bukaan gas awal, tapi setelah putaran mesin tinggi suara berisik tersebut hilang.

5. Perilaku Berkendara yang Bikin CVT Cepat Rusak
Perilaku ngegas dan ngerem secara bersamaan ketika mengendarai matik ternyata bikin CVT cepat turun kinerjanya. Hal tersebut dapat membuat kampas kopling motor matik menjadi aus bahkan penyok.