Tips Seputar Oli Motor Terpopuler 2018

Oli punya fungsi penting mengurangi gesekan-gesekan antar komponen dalam mesin. Tujuannya, agar komponen-komponen mesin yang terdiri dari ratusan part tersebut tidak cepat rusak, sehingga bikin mesin motor panjang umur. Fungsi kedua oli adalah sebagai pendingin atau memindahkan panas dari dalam mesin motor ke luar.
Berikut Tips Seputar Oli Motor Terpopuler 2018.

1. Mengenal Fungsi Oli Mesin di Motor
Oli mesin punya 3 fungsi penting. Pertama meminimalisasi gesekan antar part supaya terjaga keausannya. Fungsi kedua sebagai pendingin yang memindahkan panas dari dalam mesin ke luar mesin. Ketiga, oli berfungsi untuk mengendalikan kotoran.

2. Alasan Oli Mesin Motor Harus Diganti Secara Rutin
Penggantian oli motor berkisar pada 4.000 km atau pemakaian selama empat bulan dan 1.000 km pertama untuk motor baru wajib melakukan penggantian oli. Penggantian oli yang tidak teratur akan menyebabkan komponen cepat rusak, bahkan jika terus dibiarkan, motor harus dilakukan servis besar.

3. Cek Kondisi Oli Mesin Motor Pakai Dipstick
Memeriksa volume atau warna oli mesin motor bisa dilakukan dengan mengecek dipstick pada tutup oli. Caranya, buka penutup oli menggunakan tang. Lalu lihat indikator pada dipstick, bekas oli harus berada di antara batas atas dan bawah.

4. Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Oli Mesin Motor
Prosedur mengganti oli mesin pada motor sekilas tampak mudah dilakukan sendiri. Meskipun terlihat gampang dilakukan, faktanya banyak bikers yang tidak mengetahui pantangan atau hal yang tidak boleh dilakukan saat menganti oli mesin motor.

5. Risiko yang Harus Dihadapi Jika Malas Ganti Oli
Kebanyakan orang akan mengganti oli motor jika sudah sampai tetes terakhir. Padahal, oli motor sangat berpengaruh pada kinerja mesin. Jika oli motor tidak diganti secara berkala, tentu ada bahayanya.