Jika Lampu Indikator Ini Kedip, Berarti Motor Anda Rusak


Persaingan teknologi yang makin ketat memaksa tiap brand sepeda motor untuk terus memberikan layanan mumpuni bagi pelanggannya, salah satunya soal antisipasi kerusakan motor. Jika Anda menemukan lampu indikator berikut sering berkedip atau nyala terus, berarti Anda harus siap-siap untuk mereparasinya. Kenapa?

Lampu indikator tersebut ialah MIL atau Malfunction Indicator Lamp yang dipasang pada fitur PGM-FI kepunyaan Honda. MIL bekerja sebagai sistem yang mendiagnosa performa PGM-FI.

Apabila diketahui kondisi yang tidak normal pada motor, indikator berwarna orange ini akan terus menyala.

Anda bisa mengetahui hal tersebut dengan menyalakan kunci kontak dan biarkan selama 0,3 detik dan apabila normal, indikator akan segera mati.

MIL sendiri juga bagian dari kode untuk mengetahui di mana letak kerusakan pada motor sehingga bisa pengguna bisa mengetahuinya dengan cepat. Namun, Anda harus bisa menghitung antara kedipan panjang dan pendek serta jumlah kedipannya.

Lalu bagimana pola hitungannya?
Menurut situs TegeanBlog.Com, ada dua macam kedipan MIL:

1. Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik) – Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.
Contoh:
Jika satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek dibaca 12 kali kedipan ( satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).

2. Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik) – Satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan.
Contoh:
Jika ada delapan kali kedipan maka tetap dihitung 8 kedipan. Berikut adalah video contoh kedipan panjang pada lampu MIL (8 kedipan pendek).

Biar paham, silahkan simak kode kedipan dan kode kerusakan motor-motor injeksi.

Yamaha New V-ixion YMJET-Fi
12 Kedipan : Crankshaft Postion Sensor (tidak ada sinyal normal yang diterima dari sensor ini)
13 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor (open atau short circuit)
14 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor
15 Kedipan : Throttle Position Sensor (open atau short circuit)
16 Kedipan : Throttle Position Sensor (macet atau lengket)
21 Kedipan : Coolant Temperature Sensor (open atau short circuit)
22 Kedipan : Intake Air Temperatur Sensor
30 Kedipan : Lean Angle Sensor (macet atau rusak)
33 Kedipan : Ignition Coil
39 Kedipan : Fuel Injector (open atau short circuit)
41 Kedipan : Lean Angle Sensor
44 Kedipan : Pembacaan dan penulisan pada E2PROM eror)
46 Kedipan : Suplay power ke sistem fuel injection tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan memory ECU

Kawasaki D-Tracker 250
11 Kedipan : Sensor main throttle tidak berfungsi
12 Kedipan : Sensor tekanan udara inlet tidak berfungsi
13 Kedipan : Sensor temperatur udara inlet tidak berfungsi
14 Kedipan : Sensor temperatur air inlet tidak berfungsi
21 Kedipan : Sensor crankshaft tidak berfungsi
24 Kedipan : Sensor kecepatan tidak berfungsi
31 Kedipan : Sensor Vehicle down tidak berfungsi
32 Kedipan : Model TH atau EUR, sensor subthrottle tidak berfungsi; model IN, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi
33 Kedipan : Sensor oksigen tidak aktif
41 Kedipan : Injector tidak berfungsi
46 Kedipan : Relay pompa bahan bakar tidak berfungsi
51 Kedipan : Koil pengapian tidak berfungsi
56 Kedipan : Relay kipas radiator tidak berfungsi
62 Kedipan : Model TH atau EUR, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi; model IN, sensor subthrottle tidak berfungsi
64 Kedipan : Katup pengganti udara tidak berfungsi
67 Kedipan : Pemanas sensor oksigen tidak berfungsi

Honda CBR 250R PGM-FI
1 Kedipan : MAP Sensor
7 Kedipan : ECT Sensor
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
9 Kedipan : IAT Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 sensor
29 Kedipan : IACV (Idle Control Valve) Sensor
54 Kedipan : Bank Angle Sensor

Motor Yamaha matic, bebek Injeksi
12 Kedipan : Crankshaft position sensor
13 Kedipan : Intake air pressure sensor
14 Kedipan : Saluran intake air pressure sensor
16 Kedipan : Throttle position sensor macet
21 Kedipan : Coolant temperature sensor
22 Kedipan : Intake air temperature sensor
30 Kedipan : Sepeda motor terjatuh
33 Kedipan : Primary ignition coil
39 Kedipan : System kelistrikan fuel injector
41 Kedipan : Lean angel sensor
44 Kedipan : Proses pembacaan atau penulisan pada EPROM
46 Kedipan : Aliran listrik ke system FI tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan pada memori ECU

Motor Suzuki Injeksi
12 Kedipan : CKP sensor
13 Kedipan : IAP sensor
14 Kedipan : TP sensor
15 Kedipan : ET sensor
21 Kedipan : IAT sensor
23 Kedipan : TO sensor
24 Kedipan : Ignition Koil
32 Kedipan : Fuel injection
40 Kedipan : ISC valve
42 Kedipan : Ignition switch
44 Kedipan : HO2 sensor

Motor Honda matic, bebek Injeksi
1 Kedipan : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)
8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)
9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)
12 Kedipan : Sensor Injektor
21 Kedipan : Sensor O2 (Oxigen sensor)
29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)
54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Motor Honda Injeksi Step 4
7 Kedipan : Engine Oil Temperature/Engine Coolant Temperature
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 Sensor
33 Kedipan : Engine Control Module (ECM)

Kalau Anda enggak sangup ngatasi, lambaikan tangan aja ya gan lalu silahkan bawa motornya ke bengkel resmi terdekat, oke??