Mengirit Jerit Klakson Motor

Kamis,14 Januari 2010. Dini hari yang tenang di Corso Buenos Aires, salah satu jalan utama di timur laut Milan,Italia terusik oleh suara klakson motor yang pecah tiba2. Para penduduk yang terlelap berang karena ketenangannya terganggu. Dan salah satu warganya menelpon polisi. Hari itu Mario Balotelli, striker Manchester City yang kala itu masih bermain untuk Inter Milan, didenda 38 Euro atau setara Rp 540 ribu karena membunyikan klakson di waktu dan tempat yang tidak tepat

Kondisi di Indonesia sangat berbeda bro, tengok saja jalan-jalan dikota besar aka Jakarta, tak pernah lagi mengenal pagi yang tenang, sinar merah dari lampu lalu lintas belum berubah menjadi hijau, deretan mobil dan motor yang sudah berhenti sudah menjerit tak sabar dengan klaksonnya

Di kota-kota besar di Indonesia jalanan yang bising karena suara klakson entah itu yang original maupun yang variasi menjadi terbiasa setiap hari, Dalam UU LLAJ no 22/2010, Indonesia sebenarnya punya larangan membunyikan klakson  lho, dendanya gak main-main Rp 250 ribu / kurungan 1 bulan. Namun seperti banyak aturan2 yang lain yang ini pun kerap dilanggar tanpa sangsi.
Gambar : iwanbanaran.com
Jika perilaku membunyikan klakson kita tidak di ubah, jalanan kian rawan pencemaran suara. Kualitas hidup pun akan menurun karena polusi suara dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Menurut penelitian epidemiologis, ketdak stabilan emosi akibat terpapar suara bising akan mengakibatkan stres, dalam jangka panjang juga dapat meningkatnya tekanan darah sehingga resiko hipertensi lebih besar.

Untuk membuat jalanan lebih nyaman, kita harus bijak memilih situasi untuk memncet klakson. Kita boleh mengklakson antara lain untuk memberi kode kepada pengendara didepan kita ketika hendak menyalip, mengingatkan pengendara yang mengendarai sambil mainan hp (alay), memastikan pengendara lain tidak melintas di persimpangan jalan atau tikungan tajam dan mengingatkan pengendara lain.

Jangan pernah menggunakan klakson untuk mengungkapkan kekesalan. Anda juga tidak perlu membunyikanya ketika terjadi kemacetan / antrian panjang karena lalu lintas. Toh kita semua tahu klakson tidak cukup sakti untuk mengurai rentetan kendaraan didepan. Hasilnya hanya membuat situasi menjadi kacau.

Persoalan membunyikan klakson tidak pernah semudah memencet tombolnya. Pengaruhnya bagi kenyamanan dan kesehatan amat besar. Rasanya ini salah satu perilaku berkendara yang urgen untuk dibenahi. Salam TeeTooT :)

Harga klakson, Hella Klakson, Jual Klakson, Kelly Klakson, Klakson Keong, Klakson Motor, Relay Klakson, Klakson Mobil, Klakson Mp3

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts