Cara Membersihkan Injektor Motor Yamaha

Kebersihan injektor, bisa mempengaruhi perfoma mesin. Begitu juga konsumsi BBM. Ketika injektor dibersihkan, lari pacuan motor tunggangan bisa 6 km/liter lebih jauh ketimbang kondisi injektor kotor. Nah, bagaimana sih cara untuk membersihkan injektor?

Cara Pertama

Ambil contoh, untuk pacuan Yamaha. Yamaha sendiri, di bengkel resminya juga menyediakan bersihkan injektor pakai cairan 3M. Cairan di tabung ini, akan menggantikan peran bahan bakar. Itu karena melalui cairan ini, proses pembersihan injektor dan saluran bahan bakar dilakukan.

“Untuk proses ini, kondisi motor dalam keadaan hidup,” ujar Slamet Kasianom, Instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Nantinya dari kaleng ini akan dihubungkan ke regulator untuk menyesuaikan tekanan standar layaknya di fuel pump.

Cara Kedua

Cara kedua ini bisa dibilang lebih advance dibanding cara pertama. Karena cara pembersihan ini, mewajibkan injektor untuk dilepas dari pacuan. “Menggunakan semacam box, setelah injektor dilepas dan dibersihkan, nantinya diukur lagi debit bahan bakar yang dihasilkan,” tambah Slamet.

Cara Ketiga

Begitunya, cara yang kedua itu hanya sebatas membersihkan injektor saja. Saluran bahan bakarnya tidak. Tapi tenang, ada juga kok cara yang ketiga. Dan, ini lebih sederhana. Artinya, bisa dilakukan sobat semua meski tak terlalu expert soal engine.

Yaitu, menggunakan cairan pembersih yang dituang ke dalam tangki bahan bakar. Misalnya, seperti Yamalube Carbon Cleaner. “Prosesnya memang sederhana, tetapi cukup efektif. Karena bisa membersihkan tangki, saluran bahan bakar, ruang bakar dan juga injektor. Dan pastinya, sembari motor dipakai beraktifitas,” jelas pria yang juga dulu aktif di balap motocross nasional.

Cairan yang mengandung polyetheramine ini dijual di pasaran sekitar Rp 27 ribu. Untuk satu botolnya, bisa dicampur dengan 3,5-5 liter bensin. Tak hanya deposit carbon di injektor saja yang dibersihkan, deposit di klep dan piston juga bisa terangkat. Malah sekaligus melapisi permukaan part itu.

Oh ya! Untuk proses pembersihan injektor ini, bisa sobat lakukan tergantung dari metode yang dipilih. Untuk langkah pertama dan kedua, bisa dilakukan setiap 12.000 km atau setahun sekali. Sedangkan untuk Yamalube Carbon Cleaner, bisa dituang di tangki setiap 3.000 km atau 3 bulan.

Sumber : http://news.motorplus-online.com/

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts