Mengisi oli motor berlebihan, ini efek buruknya

Banyak bikers yang bertanya apa efek kelebihan mengisi oli pada mesin? Seperti kita tahu, setiap mesin punya kapasitas oli mesin yang dianjurkan tergantung model motornya. Ada mesin yang dianjurkan menggunakan oli berkapasitas 0,8 liter, ada juga yang dianjurkan menggunakan kapasitas 1 liter. Biasanya, semakin besar kapasitas silinder, semakin banyak pula volume oli yang dibutuhkan.

Lalu, apa efek kelebihan mengisi oli pada mesin motor? Paling pasti, efek kelebihan mengisi oli akan membuat mesin menjadi lebih berat. Sebab, semakin banyak cairan di dalam mesin akan menghambat kerja mesin yang berputar. Jangan heran kalau tarikan motor terasa lebih berat dibandingkan biasanya.

Selain itu, efek kelebihan mengisi oli mesin adalah membuat oli menjadi berbusa yang berisi udara atau gas. Buih atau busa yang muncul, akan membuat tekanan gas yang berlebihan di dalam ruang mesin. Dengan begitu akan mengganggu proses pelumasan pada mesin.

Pada motor bertipe kopling basah yang direndam oli, kelebihan volume oli juga punya efek buruk. Pengisian oli yang berlebihan akan mengganggu kerja plat kopling. Sebab, kopling yang terlalu basah akibat oli, akan membuat kopling slip. Dengan begitu motor akan kehilangan banyak tenaga, pemborosan bensin dan juga mengurangi umur pakai plat kopling.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts