Modif Trail Yamaha Vega

Di Minahasa, Sulawesi Utara ada Yamaha Vega trail buat balap dan kontes. Maklum aja, hampir setiap bulan ada event balap enduro alias adventure. Makanya Rill Kapojos, dari bengkel Rillkan di Minahasa memodifikasi Yamaha Vega lansiran tahun 2000 miliknya untuk ikut balapan itu. 
“Sekalian buat ikutan kontes modifikasi. Tapi, motor ini gak dipakai untuk harian loh,” bilang Rill, sapaan akrabnya. Nah, karena utamanya buat adu ketahanan, pastinya modifikasinya lumayan total dilakukan. Mulai dari rangka, kaki-kaki hingga bodi. RANGKA KUSTOM Menurut Rill, hampir tidak ada lagi spare part asli yang tersisa selain mesin di Yamaha Vega trail buat balap dan kontes ini.
 “Rangka dibuat ulang dengan bentuk menyesuaikan dengan bodi KTM 85 versi 2015. Mulai rake komstir, lebar tangki hingga jarak sumbu roda pun dibikin mengikuti KTM 85,” jelasnya. Untuk membuat rangka Yamaha Vega trail buat balap dan kontes, Rill menggunakan pipa besi seamless setebal 2 mm yang disambung-sambung pakai las listrik. “Soalnya, di Minahasa sulit sekali nemuin bengkel las argon. Dikerenakan susah mendapatkan Co2 untuk bahan las argonnya,” aku Rill.

KAKI-KAKI Kelar garap rangka, Rill konsen ke kaki-kaki. Untuk meredam ayunan depan, ia menugaskan seperangkat upside down milik Kawasaki D-Tracker berikut segitiganya. Sementara di bagian belakang, dipercayakan pada monosok Suzuki Satria FU. “Kemiringan sok belakangnya kami set up ulang lagi, sampai didapat redaman yang empuk, nyaman dan stabil,” jelas Rill. Oh iya, pada sektor roda, Riil menjejali pelek ring 19” di bagian depan dan 16” di belakang. Kemudian dibalut ban pacul keluaran Swallow. “Teromolnya pakai punya D-Tracker,” imbuhnya. DIPERCANTIK DECAL 

Lantaran akan diikut sertakan juga buat adu keren di ajang kontes modifikasi, tampilan bodi tentu tidak dibiarkan ala kadarnya. Riil menghiasnya dengan decal, lalu ditambah angka 88 sebagai nomor start dari pembalapnya yang bernama Donny. (www.motorplus-online.com) 
DATA MODIFIKASI 
Ban depan : Swallow 90/100-19 
Ban belakang : Swallow 90/100-16 
Pelek : Compe 7116 
Upside down : Kawasaki D-Tracker 150 
Swing arm : Custom 
Bodi : KTM 85 
Rangka : Custom
 Setang : Protaper 
Knalpot : Akrapovic

Sumber : motorplus-online.com

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts