Tips Mengakali Rem Teromol Agar Lembut Di Cengkeram

Makan teman, enggak selamanya negatif. Ada juga makan teman yang punya efek positif. Contohnya substitusi part yang bisa bikin performa motor lebih cihuy. Seperti rem skubek Yamaha, yang bisa lebih empuk ketika pakai part milik teman, alias model lain. Tentu masih sesama Yamaha.

Rem motor matik yang masih model teromol, memang punya sedikit kendala. Karena cara kerjanya mekanik, bukan hidrolik seperti rem cakram, jadi agak keras saat ditekan.

Tapi tenang, enggak perlu diubah jadi cakram kalau cuma kejar empuk. Masih bisa diakali dengan makan teman alias substitusi. Buat pengguna matik Yamaha yang masih pakai rem model teromol, bisa ganti paha ayam yang lebih panjang. Bisa pakai milik Yamaha Byson. Gampang kok, tinggal bolt onalias langsung pasang.

Dengan paha rem yang lebih panjang, otomatis tekanan tuas rem jadi lebih empuk. Namun lebih kuat menekan sepatu kampas ke teromolnya. Efeknya, gigitan rem jadi lebih maksimal. Kalau diukur, panjang paha rem Byson 12,7 cm. Sedangkan matik Yamaha seperti Mio series atau Xeon, rata-rata punya panjang paha rem 8,3 cm. Beda panjangnya Lumayan jika dibandingkan dengan Byson.

Seperti yang dibilang sebelumnya, paha rem Byson bisa langsung pasang di skubek Yamaha, tanpa ubahan. Sebab, dudukan paha remnya sama antara skubeknya dan Byson.

Soal harga, enggak bikin kantong tekor juga. Paha rem ori Byson hanya dibanderol Rp 15 ribu di dealer resmi Yamaha. Silakan dicoba untuk yang merasa rem teromolnya keras!