Tips Seputar Rantai Motor Terpopuler 2018

Rantai motor memiliki peranan penting untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, sehingga kendaraan dapat bergerak.
Berikut Tips Seputar Rantai Motor Terpopuler 2018.

1. Rantai Motor Sering Bunyi? Segera Cek 3 Komponen Ini
Seiring pemakaian, rantai motor bakal mengeluarkan bunyi. Kalau sudah begini, wajib cek 3 hal ini.
Mulai dari ketegangan rantai. Pelumas yang kurang. Hingga keausan rantai.

2. Cara Setel Rantai Motor
Mengencangkan kembali tegangan rantai motor yang kendur butuh kunci ring 14 dan 17. Kedua kunci ring tersebut untuk mengendurkan as roda belakang. Sementara untuk menyetel rantainya perlu kunci pas ukuran 12 mm.

3. Tips Merawat Rantai Motor di Musim Hujan
Rantai perlu rutin dirawat apalagi ketika musim penghujan seperti ini. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah. Caranya, semprot cairan chain cleaner secara merata, terutama bagian dalam rantai supaya kotoran dan debu rontok. Setelah itu, lap rantai dengan kain hingga kering. Langkah tersebut ditutup dengan menyemprot cairan chain lube di rantai. Pastikan juga bagian dalam rantai terlumasi sempurna.

4. Penggantian Rantai Tanpa Gear Seat Bisa Merusak Rantai
Tak hanya rantai, gir juga merupakan komponen penting pada motor yang harus diperhatikan. Hal tersebut lantaran fungsi rantai sebagai penyalur power mesin ke roda, akan ditangkap oleh gir.
Itulah kenapa gir juga membutuhkan penggantian yang berkala, bersamaan dengan rantai.

5. Efek Rantai Motor Sering Dilumasi Pakai Oli Bekas
Pemakaian oli bekas untuk melumasi rantai memang tidak direkomendasi. Pasalnya hal itu justru bisa merusak rantai itu sendiri. Sebab dalam oli bekas terdapat sisa kotoran dan gram yang mengandung logam. Nah, logam tersebut bisa masuk ke sela sela rantai yang bisa mengakibatkan rantai menjadi cepat aus dan mulur.