Cara Mengecek Kualitas Oli Mesin Motor yang Jarang Dipakai

Pemilik motor 4-tak, kalau mau ganti oli rata-rata berpatokan pada hitungan bulan atau petunjuk di kilometer. Lantas gimana dan kapan waktu ganti oli mesin motor yang jarang sekali dipakai dan cuma sering terparkir di rumah?

Tenang Bro.. Selama volume oli di dalam bak mesin tetap dalam kondisi baik atau tidak kadaluarsa dan terkontaminasi, masih layak digunakan. Dan untuk mengetahui kelayakannya, sejatinya dapat dilakukan dengan beberapa langkah pengecekan.

Pertama, dapat dilakukan pakai deep stick.
Dan dari batang ini dapat melihat warna dan kualitas oli. Kalau seperti coklat susu, hati-hati, kemungkinan besar oli bercampur air melalui celah mesin atau terjadi kebocoran cairan pendingin.

Kedua, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kualitas dan kekental oli dengan cara meneteskannya di kertas putih. Kalau warna hitamnya (setelah dipakai) tidak merata atau hanya fokus di tengah. Itu tanda kualitas pelumas sudah menurun.

Ketiga, pastikan volume oli sesuai kapasitas oli motor yang indikatornya bisa dilihat di ujung deep stick. Jika kurang dan kadaluwarsa atau kelewat lama, oli macam ini baiknya diganti baru.