CVT Honda BeAT Atau Scoopy Ingusan

Pernah dapatin bagian CVT Honda Scoopy atau BeAT kesayangan bocor atau ingusan seperti terkena flu? Tentunya bukan flu dan ingus meler beneran bor. Tapi, oli netes lewat slang pembuangan di bawah bak CVT.

Kalau Scoopy atau BeAT sobat mengalami CVT bocor seperti itu, buruan atasi deh. Jika tidak, masalah akan berdampak ke mesin. Oli mesin lama-lama berkurang. Sehingga menyebabkan proses pelumasan komponen bergerak di dalam mesin jadi tidak optimal. Resiko terparahnya, mesin bisa jebol.

Penyebab CVT bocor atau ingusan itu ada kemungkinan sil kruk as kiri jebol.Sehingga oli mesin merembes masuk ke dalam ruang CVT.

Cara ganti sil kruk as skubek Honda ini mudah saja kok.
Harga sil orinya pun murah meriah dan mudah didapat, hanya Rp 7 ribu saja.

Buat atasi CVT Honda BeAT atau Scoopy bocor mula-mula tanggalkan bak CVT dengan melepas semua baut pengacingnya pakai kunci T-8. Kelar bak CVT copot, akan terlihat jeroan CVT nya.

Lanjutkan melepas puli depan (primer) dengan menanggalkan mur pangancingnya pakai kunci sok 22 mm. Jangan lupa tahan putaran puli yang bergerigi pakai tracker.
Jika sudah, cabut satu persatu komponen puli primer tersebut, maka akan terlihat sil kruk as yang dimaksud.

Nah, untuk melepas sil kruk as itu, cabut dulu klip atau spi penahannya pakai tang spi.
Setelah spi terlepas, baru deh cungkil sil kruk asnya pakai oben min kecil.
Tapi pelan-pelan saja, jangan sampai merusak rumah dudukan silnya.
Beres deh, tinggal pasang sil baru.

Oh iya, saat pasang sil baru, pastikan sil tersebut masuk sampai mentok.
Untuk mendoronganya, bisa manfaatkan ujung kunci T sembari diketok perlahan pakai palu secara melingkar.

Jika sudah benar-benar masuk pol, lanjutkan memasang klip penahannya, lalu rakit kembali komponen CVT nya seperti semula.
Tapi, jangan lupa bersihkan dulu ruang CVT nya dari kotoran dan bekas ingus (oli) yang meler dari sil kruk as sebelumnya.

Dijamin CVT ingusan bakal sembuh deh.