Featured Post

Ini Dia Motor Roda Tiga Tercepat Di Dunia

Dengan konfigurasi mesin menggunakan mesin mobil sport 6200cc, Motor ini melesat cepat dengan power 445HP. Wowww. Salah satu inovasi du...

Cara Merawat Rantai Motor Yang Baik dan Benar

Rantai motor sering diabaikan dalam perawatan berjadwal. Meski punya kegiatan yang terbilang rutin dalam jadwal bulanan, sebagian besar pemilik motor yang memperhatikan kenyamanan dan keamanan, pada umumnya sering melakukan service bulan secara tetap di bengkel motor. Namun, jarang memperhatikan kondisi rantai motornya.

Komponen motor seperti rantai, kita tahu adalah bagian yang sangat vital dalam menggerakkan kendaraan sesuai fungsinya.

Ketika rantai motor sudah berumur atau jarang dirawat, mengendarai motor dapat membuat penggunanya merasa tidak nyaman, seperti putaran rantai yang keras ketika di coba dengan standar berdiri, menimbulkan bunyi-bunyian seperti irama musik yang tidak indah atau bisa jadi tampak mengendur seperti kulit yang tidak berisi dagingnya.

Dalam kondisi yang dipaksakan karena dianggap masih bisa dipakai, rantai motor yang sudah tidak layak pakai tersebut, terkadang masih digunakan oleh pemilik motor. Hal tersebut, punya resiko yang mungkin pernah kita lihat, yaitu rantai putus di tengah jalan.

Jika rantai motor sampai putus dijalan. Kesusahan yang pertama adalah kita harus mencari bengkel terdekat yang menjual rantai motor. Syukur-syukur, saat kita mencari bengkel tersebut, jaraknya dekat dan ada stok rantai motor.

Jika stok bengkel tidak ada dan kondisi sudah sore, biasanya suplier penjual motor banyak yang sudah tutup. Maka, jalan terakhirnya adalah menelpon orang terdekat untuk membantu menarik atau mengangkat motor yang tidak bisa jalan dengan mobil.

Kejengkelan lain saat rantai motor putus ditengah jalan adalah harus menuntun motor untuk mencari bengkel. Jika putusnya rantai di tempat keramaian, hal tersebut mungkin tidak menyusahkan, karena jarak tertentu akan akan bengkel. Namun, jika terjadi di tengah jalan yang sepi di situasi jarang penduduk, maka hal ini semakin menambah derita.

Sedikitnya ada 6 ciri-ciri yang menandakan rantai motor sudah jelek dan harus dilakukan penggantian, diantaranya :

1. Rantai sudah bompal dan terlihat aus.
2. Saat motor perlahan dijalankan, muncul suara berisik.
3. Alur rantai mengulur-julur seperti tali jemuran kendor.
4. Saat roda belakang diputar dalam posisi standar berdiri, rantai berputar tidak stabil.
5. Tenaga mesin menurun saat perpindahan gigi.
6. Terasa motor mau loncat saat perpindahan gigi.

Untuk merawat rantai motor tetap awet dan punya masa pakai semestinya. Melakukan perawatan rantai tersebut tidak menyulitkan untuk orang awam yang tidak mengenal motor secara detail.

1. Cek Rutin 1 Minggu Sekali

Memeriksa rantai motor agar selalu terawat dengan baik sangatlah mudah. Anda hanya perlu menjadwalkan untuk memeriksa kondisi rantai, minimal 1 minggu sekali pada waktu santai.

Jika terdapat kotoran yang menempel pada rantai, lakukan pembersihan dengan tepat sehingga kotoran yang menempel tidak merusak dan menganggu kinerja motor.

2. Bersihkan Dengan Produk Khusus

Ada kebiasaan yang sering dilakukan pemilik motor untuk membersihkan rantai motornya, yakni menggunakan oli bekas.

Biasanya, pada bengkel-bengkel di jalanan sering menerapkan cara membersihkan dengan cara melumasi oli bekas tersebut di rantai.

Ada produk khusus yang diperuntukan untuk membersihkan rantai motor. Dalam penggunaannya, pelumas khusus yang di buat untuk rantai dapat membantu rantai lebih lancar dan juga tidak mudah di tempeli kotoran yang terdapat di jalan.

3. Pilih Waktu Tepat Membersihkan Kotoran di Rantai

Untuk membersihkan rantai motor, seseorang dapat menggunakan waktu senggang dalam mengerjakannya. Namun, hal yang terbaik untuk membersihkannya, adalah saat rantai motor tidak terlalu panas sehabis digunakan atau dalam kondisi dingin tidak digunakan sama sekali.

4. Membersihkan Dengan Sikat atau Alat Khusus

Membersihkan rantai motor, tidak sekedar asal semprot saja. Kita perlu menyikatnya dengan alat umum seperti sikat gigi bekas atau alat khusus yang di jual di toko sparepart yang menjualnya.

Dengan mengunakan alat tersebut, kotoran-kotoran yang melekat di bagian dalam rantai, benar-benar hilang saat tersapu alat pembersih.

5. Siram dengan Air

Setelah semprot-semprot selesai dan dilanjutkan dengan sikat menyikat juga selesai. Maka langkah lainnya adalah membersihkan rantai dengan air yang mengalir. Namun, disarankan agar tidak menyemprotkan air tersebut secara langsung ke rantai, cukup sebagai bilasan yang di letakan diatas rantai.

Terakhir, semprot dengan pelumas khusus rantai di seluruh bagian rantai.

0 Response to "Cara Merawat Rantai Motor Yang Baik dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel