Ini Dia Penyebab Fitur ISS Honda Vario Error

Lampu Indikator Idling Stop System pada Honda Vario yang menyala, menandakan sistem bekerja, Bila Lampu Indikator warna hijau kedip-kedip berarti mesin mati.

Lalu beredar kabar kalau dengan menyalakan mesin dengan engkol maka ISS tidak dapat bekerja, benarkah hal demikian?

"Kalau kondisi baterainya enggak oke, idling stop tidak berfungsi. Jadi dengan cara di-starter pakai elektronik, kalau bisa nyala mesinnya maka ISS bisa bekerja, kalau distarter enggak bisa, berarti ISS tidak berfungsi,"

Hal ini karena sistem ISS Honda Vario membutuhkan sejumlah komponen yang memerlukan tegangan listrik yang baik. Seperti Engine Control Module (ECM), Throttle Position (TP) Sensor, VS Sensor atau pendeteksi perubahan kecepatan, ditambah Engine Coolant Temperatur (ECT) Sensor yang berfungsi memantau perubahan suhu sistem pendinginan mesin.

Ketika motor berhenti dalam kondisi ISS bekerja, ECM akan menerima sinyal-sinyal dari setiap sensor, dan berdasarkan sinyal tadi, sistem akan memproses data yang diperlukan untuk mengaktifkan ISS.

Sementara saat gas kembali diputar, ECM akan memberikan perintah ke alternatoratau starter untuk menghidupkan mesin tanpa harus menekan tombol starter.

Apabila aki sudah tidak bagus lagi, maka sistem secara otomatis tidak mampu bekerja meskipun tombol ISS diaktifkan.

"Jadi pastikan kondisi baterai selalu bagus," 

Kendati demikian, ada persyaratan lain yang harus dipenuhi agar sistem ISS pada Honda Vario bekerja, meliputi:
1. Tombol ISS pada posisi bertuliskan IDLING STOP 2. Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius
3. Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 km/jam.
4. Gas dalam posisi tertutup penuh.
5. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik.