Penyebab Pengapian Hilang pada Sepeda Motor

Banyak hal yang menyebabkan sepeda motor mogok di jalan. Salah satu penyebabnya adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran, di sinilah motor bisa memperoleh daya gerak.
Jika api hilang, maka tentu saja tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari biang keladi hilangnya api, harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul, aki dan lainnya. 

Dimulai dari busi, dimana busi bertugas memercikkan api di ruang pembakaran. Cara mendeteksinya lepas dan dekatkan busi pada blok mesin, kemudian tekan tombol starter. Jika busi memercikan api dengan warna biru, artinya busi sehat. Jika percikan apinya merah, ganti dengan busi baru sesuai spesifikasi motor.

Lalu cek koil, dimana umumnya koil standar motor jarang ada yang rusak. Tugas koil melipatgandakan arus listrik dari sepul atau aki yang sebesar 12 volt, menjadi ribuan volt yang disalurkan ke busi untuk memercikan api.

"Perhatikan kabel positif koil karena bisa saja terlepas atau putus,"

Berikutnya pada CDI, komponen ini adalah otaknya sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika pakai CDI aftermarket, ganti dulu dengan CDI standar. Jika mesin hidup, masalah ada pada CDI aftermarket Anda.

Lanjut menuju rumah kontak, bisa menyebabkan hilang pengapian jika soketnya terlepas atau ada material di dalamnya yang aus. 

"Gunakan tes pen untuk memastikan kondisinya, jika memang rusak maka harus ganti baru,"

Bukan tidak mungkin Anda memasang kunci rahasia di sepeda motor berupa saklar pemutus arus listrik. Kunci rahasia ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya pengapian. Posisi kunci rahasia yang biasanya di tempat tersembunyi, mungkin terkena air, debu dan kotoran lain sehingga saklar kunci rahasia rusak.

Bergeser menuju Sepul, dimana bagian ini paling jarang rusak dan sumber listrik pada sepeda motor berawal dari sini. Itulah kenapa sepul jadi komponen yang dicek paling akhir. Jika semua komponen yang disebutkan sudah diperiksa atau diganti tapi motor masih tidak bisa hidup, kemungkinan sepul yang rusak. 

"Cirinya ada bekas gosong dan harus ganti baru."