Memilih Ban Sepeda Motor di Saat Hujan

Musim hujan akan segera datang. Segala aspek kendaraan harus disiapkan agar tetap aman dan nyaman melintasi jalanan yang basah. Tidak hanya rem dan mesin yang harus dijaga bro, Pemilihan ban juga harus tepat terutama pada sepeda motor, agar keselamatan bro n sis terjamin.

Dalam keadaan hujan, karet ban yang tidak sesuai malah tidak mampu memecah genangan air, hasilnya bisa terjadi selip. Hal ini sering dilupakan oleh bikers. Daripada membeli ban baru, mereka lebih suka untuk berjalan pelan di lintasan basah. Tentu saja ini juga bisa berakibat fatal terhadap jiwa, bro. Berikut ini adalah beberapa tips seputar ban untuk sepeda motor.

1. Perhatikan tekanan angin pada ban. Hal ini penting untuk menghindari sepeda motor oleng yang beresiko mengakibatkan kecelakaan. Usahakan untuk konsisten terhadap ukuran tekanan angin sesuai standar yang ditetapkan pabrikan. Bila terlalu banyak , titik tumpu ban hanya berada di tengah-tengah telapak ban. Sebaliknya, apabila tekanan angin ban sepeda motor anda kurang, permukaan telapak ban akan lebih banyak. Ban akan cepat aus dan berpotensi mengalami pecah ban.

2. Cobalah untuk memilih komponen ban yang lunak. Ban dengan karakter karet yang lunak memiliki daya cengkeram yang cukup kuat ketika sepeda motor bro n sis melintasi jalanan basah dan licin. Apabila bro n sis memilih untuk memakai ban bekas, perhatikan ukiran atau batik'an di telapak ban masih bagus atau tidak gundul.

3.Coba perhatikan pola ukiran ban tersebut.Dalam Kondisi hujan, cobalah untuk menggunakan pola ukiran searah. Hal ini ddikarenakan pola ukiran tersebut berfungsi sebagai jalur dimana air bisa mengalir sekaligus memecah genanganair. Perhatikan juga tingkat kedalaman ukiranya, bro n sis bisa memperkirakannya. Apabila bro n sis ragu cobalah bertanya kepada penjual ban. :D

4. Jangan menggunakan ban ukuran yang lebih kecil dari yang standar pabrikan "ban cacing".  Lebar telapak juga berpengaruhpada permukaan pada daya cengkeram dan pijakan ban terhadap permukaan jalanan. Ukuran yang tepat bisa membuat sepeda motor bro n sis lebih stabil terutama saat hujan.
Post a Comment