Pelek Glow In The Dark

Terbayang gak kalau pelek pacuan kesayangan itu seakan tampil menyala ketika berada di tempat gelap atau malam hari. Bahkan, makin eye catching ketika dipakai berkendara di malam hari! Caranya mudah, cukup pakai cat fosfor.
"Cat atau bahan yang digunakan, ya sama sepeti cairan fosfor yang glow in the dark. Hanya tinggal semprotkan ke media yang kita inginkan,” ujar Syech Al Jufri dari toko Are Glow Up Jl. Batu Ampar 3, No. 13, Condet, Jakarta Timur. Cairan ini ditawarkan dalam bentuk kemasan botol. Dalam satu paketnyam, ada dua botol kemasan 250 ml. Satu botol berisikan cat berwarna clear alias bening dan satu lagi cat fosfor.

Yang bikin menarik, kelir yang ditimbulkan enggak cuma warna hijau aja seperti sebelum-seblumnya. Tapi, juga ada kuning, merah, biru, biru tua. Jadi enggak monoton dong!

Karena warna yang ditawarkan baru, maka harga jual yang ditawarkan agak lebih mahal dari warna hijau. Untuk warna hijau ditawarkan Rp 180 ribu. Sedang warna lainnya berkisar di harga Rp 200 – 350 ribu.
(untuk satu kemasan 250 ml itu bisa dipakai untuk satu pelek palang)

Tetapi sebelum aplikasi cairan ini di pelek, ada yang perlu diperhatikan. Karena fosfor mengandung serbuk, maka media atau part yang bakal disemprot, usahan yang punya bidang luas.

Misalnya, seperti pelek palang. “Kalau pelek jari-jari, agak sulit. Selain itu sayang dan enggak efisien juga, karena bisa banyak terbuang cat-nya. Jadi lebih baik di pelek model palang saja,” kata Jufri, sapaan akrabnya.

Agak maklum! Karena menurut pria ramah ini, model pengaplikasian ke part pun layaknya pengecatan bodi. Jadi, kudu pakai angin bertekanan alias kompresor dan spray gun tuh.

Nah, sekarang bicara soal aplikasi di pelek. “Sebaiknya semprotkan juga di warna-warna terang. Karena kalau di warna gelap, kontras blowing dari cat ini bisa berkurang hingga 80%,” timpal pria yang bisa dikontak di HP 0878-8213-1953.

Buka tiap segel kemasan. Setelah itu, campurkan cat bening dengan cat fosfor. Perbandingannya 1 : 1. Artinya, 1 ml atau 1 kemasan cat bening dicampurkan 1 ml atau 1 kemasan cat fosfor.

Aduk rata kedua campuran. Jika sudah, encerkan cairan itu dengan tiner jenis PU. “Perbandingan untuk tiner sekitar 25% dari campuran cat bening dan fosfor,” beber Jufri lagi.

Sebelum menyemprot, setelan nozzle spray gun dibuat lebih besar. Tujuannya agar campuran fosfor yang mengandung bubuk itu mudah keluar dan tidak mengendap dan merusak spray gun. Begitu juga tekanan angin ketika mengecat, baiknya dibesarkan.

Usai disemprot, proses pengeringan berlangsung hingga 6 jam. “Kalau kering sentuh sih hanya 6 menit. Tapi, kering total, ya 6 jam,” timpalnya lagi.

Jika sudah kering benar, baiknya lapisi lagi part itu pakai cairan pernis. Jadi, enggak mudah baret atau tergores dan tetap mengilap. Sebab kata Jufri, cat yang berpendar layaknya gliter ini bisa bertahan hingga 10 tahun. “Pastinya begitu. Tetapi, semua tergantung dari perawatan juga,” tutupnya.
Semprot deh!!

(motorplus-online.com)

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts