Kembalikan Kilau Mika Lampu Motor

Mika lampu yang sudah buram akibat jamur, baret goresan dan usia pakai, selain mengganggu tampilan kendaraan, juga bisa menyulitkan saat gelap karena cahaya lampu menjadi berkurang. Untuk membersihkan mika lampu terutama yang sudah buram, bisa dilakukan sendiri.

Sebelum beraksi, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti cairan pembersih logam (Brasso), kain dari bahan kaus katun halus, ampelas/kertas pasir ukuran 8000, sabun cream, kuas, wadah air dan lap chamois.

Jika Anda bisa melepas lampu dari dudukannya hasilnya akan lebih baik. Apalagi jika lampu itu bisa Anda lepas bagian demi bagian agar dapat dibersihkan secara rinci.

Cucilah seluruh bagian lampu yang terbuat dari plastik dengan air sabun pekat. Gunakan kuas halus untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit terjangkau.

Ulangi proses pembersihan awal jika terasa masih kurang. Proses ini dapat menghilangkan flek-flek akibat jamur. Setelah dikeringkan, perhatikan apakah mika hanya buram akibat goresan halus atau tergores dalam. Jika hanya baret-baret halus bisa diatasi dengan pembersih logam.

Tuangkan pembersih logam pada kain halus secukupnya (tak usah sampai benar-benar basah). Gosokkan kain tadi pada permukaan mika yang buram dengan gerakan memutar. Tak perlu berlama-lama kecuali goresan cukup banyak.

Setelah dirasa cukup. Ambil kain halus kering dan gosokkan kembali sekaligus
untuk menghilangkan bekas cairan pembersih logam. Tahap ini Anda sudah bisa melihat hasilnya.

Jika kurang, ulangi proses tadi dari awal. Jika ternyata goresan cukup dalam dapat disiasati dengan ampelas halus yang dibasahi air dengan gerakan memutar. Tak usah terlalu lama untuk mencegah mika menjadi terlalu tipis.

Setelah goresan hilang bisa dilanjutkan dengan dipoles mempergunakan pembersih logam seperti pada proses awal untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan berkilau. Setelah itu, cuci kembali dengan air sabun plus kuas halus untuk menghilangkan sisa obat pembersih logam yang umumnya meninggalkan warna putih.

Sambil menunggu mika kering, Anda bisa membersihkan bagian dalam komponen lampu agar hasilnya lebih sempurna. Setelah itu rakitlah lampu kemudian pasang sesuai prosedur. Selamat mencoba (Cdx)
Post a Comment