Modifikasi Motor, Unik Bernuansa Klasik

Tidak banyak sepeda motor hasil modifikasi yang mampu menghadirkan keselarasan estetika dalam setiap paduan komponennya. Salah satunya adalah 'Dresda-Davidson' milik Shane Venn. Motor ini menggunakan mesin Harley XLCH Sportster 1970 yang diinstalasikan pada rangka Featherbed milik Norton dan dibangun oleh Dave 'Mr Triton' Degens dari Dresda Autos.

Untuk menyiasati mesin Harley yang menganut rantai di sebelah kanan, Degens membalik hub roda belakang dan memasangkannya pada lengan ayun model kotak. Sementara roda depan menggunakan rem klasik model drum/teromol bergayaOldani-Style dengan prinsip twin-leading yang dibor dan diberi lubang ventilasi untuk meredam panasnya.

Dengan model twin-leading kemampuan rem dalam menahan laju menjadi dua kali lipat dibanding modelleading-trailing karena rem ini memang ditujukan untuk menjinakkan tenaga mesin 'ironhead' berkapasitas 883cc. Kelemahan rem model twin-leading, ia tidak terlalu efektif saat dimundurkan. Tapi itu bukan masalah.

Pelek aluminiumnya dipercayakan pada produk Morad, sementara peredam guncangan menggunakan Hagon dengan garpu depan yang dicomot dari Triumph/BSA model teleskopik yang menonjolkan tampilan pegas untuk menegaskan kesan klasiknya.

Meskipun motor ini mencomot komponen dari sana sini, secara keseluruhan terlihat sangat harmonis dan natural bahkan berkesan original. Pantas saja ia dipilih oleh majalah Greasy Kulture sebagai penghias halaman muka dan mengutip komentar sang pemilik motor keren ini.

"Kini saya akan menyimpannya untuk jangka waktu panjang. Saya sudah menggunakan untuk liburan di akhir pekan atau sesekali dibawa pergi ke tempat saya bekerja. Rasanya seperti sepeda motor moderen atau setidaknya moderen klasik lah dan kelihatan fantastik. Kadang-kadang agak susah di-start juga sih," ujar Shane Venn.

Meskipun demikian, tambah Venn, ia tak peduli dan tetap bangga dengan Norton kesayangannya. Bahkan menurutnya Dresda-Davidson miliknya adalah salah satu Norton cafe racer terbaik dari yang ada. (Cdx)

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts