Jangan Simpan Jas Hujan di Bawah Jok Motor

Musim hujan telah tiba, setiap pengendara sepeda motor wajib berhati-hati saat berada di jalan raya. Sebaiknya bila ingin berpergian jangan lupa membawa jas hujan.
Apabila sepeda motor yang Anda kendarai tidak memiliki ruang penyimpanan atau bagasi di bawah jok sebaiknya simpanlah jas hujan di tas. Jangan meletakkannya di bawah jok apalagi sampai menutupi tutup tangki bahan bakar. Kebiasaan buruk ini mempengaruhi performa sepeda motor.

Instruktur Teknis PT Wahana Makmur Sejati, Mukti Abdulrahman,  mengatakan “Rain coat atau jas hujan yang diletakkan di atas tangki bahan bakar akan membuat sepeda motor mogok. Ini karena aliran udara yang masuk melalui tutup tangki tertutup jas hujan sehingga tidak ada sirkulasi udara di dalam tangki. Jadi jangan diletakkan di tempat tersebut.”

Masalah terjadi tidak hanya jika tangki bahan bakar tertutup jas hujan, pun jika diletakkan di atas filter udara. Sepeda motor akan tersendat-sendat ketika riding bahkan mati. Sebagai contohnya Sonic 150R dan Supra GTR 150 yang filter udaranya berada di balik jok.

“Filter udara all new Sonic 150R itu berada di balik jok. Jika jas hujan diletakkan disana akan mengganggu asupan udara ke ruang bakar, sehingga pembakaran tidak sempurna. Dengan miskinnya asupan udara efeknya sepeda motor akan tersendat-sendat dan mengeluarkan asap hitam dari knalpot,” jelas Mukti.

Jika sudah terlanjur tidak perlu panik. Ada baiknya keluarkan jas hujannya lalu matikan mesin kemudian hidupkan lagi, sepeda motor kesayangan pun siap digas lagi. Bila asap hitam masih keluar tenang saja, karena itu merupakan sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna dan akan kembali normal nantinya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts