Motor Bebek Paling Sukses di Indonesia

Sepeda motor bebek paling sukses di indonesia adalah HondaSupra. Honda Supra mulai diperkenalkan perdana di Indonesia pada tahun 1997. Hingga tahun 2017, Honda Supra terus berevolusi namun tetap menggunakan nama besarnya yaitu Supra. Sekarang yuk kita kupas sejarah lengkapnya.

Honda Supra
Meluncur perdana tahun 1997, motor ini kadang disebut Honda Astrea Supra. Di tipe ini, seluruh rem pakai tromol. Mesin pakai kode C series dengan kapasitas 97 cc.

Honda Supra X
Tahun 1998, Honda Supra kini tersedia dengan rem depan cakram yang bernama Honda Supra X.

Honda Supra Fit
Motor ini meluncur tahun 2003 untuk membendung laju penjualan motor Cina. Ini adalah versi hemat dari Honda Supra, contohnya panel indikator gigi hanya Neutral dan Top saja. Mesinnya masih pakai karburator dari keluarga C 100.

Honda Supra V
Tahun 2002, tersedia Honda Supra versi kopling manual bernama Supra V, rem pakai tromol di kedua roda.

Honda Supra XX
Bertepatan dengan Supra V, Honda juga mengeluarkan Supra kopling manual dengan rem depan cakram bernama Honda Supra XX. Sayangnya Supra V dan Supra XX kurang diminati, dua tahun berselang keduanya langsung disuntik mati.

Honda Supra X 125
Tahun 2005, PT Astra Honda Motor merombak total tampilan Honda Supra. Desain lebih membulat dengan mesin 125 cc hasil pengembangan dari Honda Karisma.

Honda Supra X 125 PGM-Fi
Tahun 2006, diperkenalkan juga versi injeksi dari Supra X 125. Inilah sepeda motor injeksi pertama di Indonesia, akhirnya motor ini punya julukan "Susi" alias Supra injeksi.

New Supra Fit
Masih tahun 2006, generasi baru Supra Fit meluncur dengan bodi baru yang lebih besar. Untuk mesin masih pakai tipe jadul C 100. Tersedia tipe S dengan kedua rem tromol, tipe X dengan rem depan cakram, dan tipe R dengan rem depan cakram dan pelek racing.

New Honda Supra X 125
Honda Supra 125 berubah total desainnya di tahun 2008. Desain lebih runcing dan terlihat lebih meninggi. Tersedia pilihan karburator dan injeksi, pelek racing dan pelek jari-jari.

Honda Supra X Helm In
Tahun 2011, diluncurkan Supra X berbagasi super luas dengan imbuhan nama Helm In. Berbeda dengan New Supra X 125, Supra X Helm In berdesain lebih halus dan membulat. Nuansa modern hadir dengan lampu belakang LED. Versi awal masih karburator, setahun berselang muncul versi injeksi PGM-Fi.

Honda Supra X 125 CW Facelift
Tahun 2014, supra X 125 disegarkan tampilannya jadi semakin runcing. Terdapat tambahan fitur berupa soket charger di bagasi dan gantungan barang di dek tengah.

Honda Supra GTR 150
Inilah model terbaru dari Honda Supra, bernama GTR 150. Mesin GTR 150 comot kepunyaan Honda Sonic 150R. Mesin 150 cc DOHC PGM-Fi ini mampu menyemburkan tenaga buas 16,3 dk. Transmisi yang dipakai adalah 6 percepatan.