Cara Merawat Motor Dengan Mudah

Ini cara yang mudah banget! Beneran, gan!  Agan cuma perlu bawa ke bengkel yang bisa service motor agan.
tapi tunggu! Agan kan juga perlu tau apa yang nantinya mau di benerin atau di cek saat di bengkel. Nah, hal-hal mendasar ini sebenernya bisa agan lakuin sendiri, mungkin agan cuma gak punya alat selengkap bengkel. kalo gak punya alat dan gak mau beli alat ya mau gak mau ke bengkel deh.

Kalo agan ogah buat ke bengkel, dan punya cukup peralatan pendukung buat merawat motor, agan bisa oprek motor sendiri. Ngoprek motor ini juga gak keseluruhan sampe bongkar mesin. Ada beberapa hal yang bisa agan lakuin sendiri, makanya ane bilang di atas, cara mudah merawat motor.
Terus bagian apa aja yang bisa kita rawat dengan mudah sendiri?
a. Periksa Busi Motor
Memeriksa busi ini cukup mudah gan, kita cuma perlu kunci busi, sedikit bensin sama sedikit amplas buat bersihin businya. Kenapa ane bilang cek busi kita bisa lakuin sendiri? Karena umumnya kalau kita beli motor, bakal dapet kunci busi. Jadi kita bisa cek busi sendiri. Cek busi, celup ke bensin sedikit, terus bagian kepala businya bersihin pake amplas. Beres deh. Tapi pastiin busi motor agan masih hidup ya. Kalo busi motor agan mati, ya mesin motor gak bisa hidup juga kaannnn!

b. Cara hilangin noda membandel di body motor pake bensin
Kadang ada aja noda-noda yang susah buat di bersihin di body motor. Jangan khawatir, kita gak harus cet ulang juga. Sebenernya kita bisa pake pembersih khusus, tapi simpelnya kita bisa hilangin noda tersebut pakai bensin, Gan. Caranya simple banget. Agan cuma butuh bensin sama lap. Terus lap yang udah dikasih sedikit bensin tinggal agan pake buat membersihkan noda yang membandel ini. Nantinya, bisa lebih bersih deh! Untung-untung kalo bisa kinclong lagi!

c. Ganti oli mesin sendiri? Bisa juga!
Ganti oli sebenernya cukup mudah gan. Agan cukup sediain oli yang agan mau pake, (buat motor matic ane biasanya ane pake Eni Oil i-Ride 4T Matic, soalnya ini bisa bikin tarikan motor lebih alus banget), terus kunci buat buka baut bagian bawah sama tang buat buka alat mengukur oli sama jangan lupa buat sediain tempat untuk penampungan oli bekasnya, gan. Saat kita buka baut bagian bawah, oli di mesin motor kita bakal keluar, jadi taro tempat penampungan oli bekasnya dibawah mesin, terus tunggu sampe oli habis dan keluar semua. Habis gitu, kita bisa tuang oli baru dari bagian atas, eh jangan lupa buat buka tutup pengukur oli, biar bisa masukin oilnya gan. Hahaha. Tuangin oli motor, biasanya oli motor ini 0,8 Liter. Jadi jangan kebanyakan apalagi sampe kurang ya, gan. Udah gitu, tutup rapat alat pengukur oli, dan beres deh!
Ganti kampas rem sendiri? Coba gan!
Walaupun ini rada gampang-gampang susah kalo buat pemula. Tapi, gak ada salahnya buat agan coba. Yang pasti kita butuh kampas rem yang baru, terus sama kunci-kunci buat buka ban dan pasang kampas remnya, gan. Mula-mulanya agan butuh buka ban yang mau di ganti kampas remnya, terus buka bagian rem, bersihin dulu ya gan, biasanya berdebu banget, karena kampas rem ini kan terbuat dari bahan asbes gitu, udah dibersihin agan bisa pasang kampas remnya dan pasang semuanya seperti semula.

Nah, itu dia beberapa cara merawat motor dengan mudah yang bisa agan praktekin sendiri. Mudah kan?

Agan punya cara lain buat merawat motor agan dengan mudah? Kalo ada, tambahin di komentar ya! Makasih, Gan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel