CARA GANTI SEAL SHOCK DEPAN

Setelah sekian lama digunakan shock depan terasa sudah tidak empuk seperti motor baru. Setelah diamati ternyata ada oli yang merembes keluar dari as shock, ternyata seal shock sudah bocor sehingga oli shock berkurang yang mengakibatkan shock menjadi tidak enak.

Mendingan langsung saja kita servis shocknya, berikut langkah-langkahnya

  1. Buka dulu as roda dan copot bannya dari shcok, jangan lupa ganjal dahulu motor agak tidakjatuh kedepan
  2. Di lanjut membuka spakbor depan dan kaliper rem/pala babi
  3. Setelah itu akan terlihat baut pemegang shock yang ke segitiga bawah
  4. Lepaskan kedua bautnya menggunakan kunci shock 14
  5. Setelah shock dicopot dari segitiga buka baut L yang dibawah shock
  6. Lalu buka baut penahan atas ada yang menggunakan kunci L atau cuma klip saja, untuk yang menggunakan klip silahkan ditekan tutup penahan per shocknya lalu akan terlihat klip penahannya silahkan dilepas klipnya dengan cara dicongkel menggunakan obeng min yang kecil
  7. Setelah itu keluarkan pernya dan pisahkan as shock dari tabungnya
  8. Lepaskan sil penahan debu yang ada ditabung shock caranya tinggal congkel saja
  9. Setelah itu akan terlihat sealnya dan klip penahannya, silahakan lepas klipnya dengan cara di cungkil menggunakan obeng min
  10. Untuk melepas sealnya silahkan congkel saja menggunakan obeng min, lakukan secara perlahan dan pindah-pindah posisinya supaya seal bisa keluar sempuran tanpa merusak tabung shock yang diakibatkan terkena obeng min
  11. Setelah sea lama dicopot silahkan pasang seal yang baru lalu ketok pelan-pelan agar masuknya rata dan seal tidak cacat, gunakan seal yang lama untuk alas seal baru jadi yang kita pukul seal lama agar mendorong seal baru masuk ketabung shock dengan sempurna, pasang klipnya dan seal penahan debunya
  12. Rakit kembali as shock kedalam tabungnya lalu pasang baut L yang dibawah tabung agar mengikat as dengan tabungnya
  13. Setelah semua terpasng dengan sempurna tinggal memasukkan oli shocknya, untuk ukurannya masing-masing tabung kurang lebih sekitar 60cc, sebelum baut penutupnya dipasang kocok-kocok terlebih dahulu asnya supaya minyak shock bisa merata dan tidak ada angin palsu yang bisa mengakibatkan shock menjadi tidak sempurna
  14. Setelah itu tinggal rakit kembali semuanya, caranya ya kebalikkan dari proses melepasnya tadi