Cara membuat rem motor matik lebih pakem

Menurut teori, semakin besar disc brake, makin pakem pula hasilnya. Hal ini sangat enting nih buat pengguna motor skutik yang enggak punya engine brake,cara meningkatkan performa rem depannya bisa dilakukan dengan pasang piringan cakram yang lebih lebar. Sayangnya, di pasaran umumnya dijual piringan cakram aksesoris yang terlalu lebar, diameternya 260-320 mm.

Buat yang ogah dengan tampil lebay bisa substitusi cakram motor bebek. Diameternya hanya sedikit lebih besar dari skutik. Diameter piringan rem cakram depan bebek umumnya berukuran 220 mm, sedangkan diameter piringan rem skutik hanya 190-200 mm saja.

Kecuali untuk Yamaha Nouvo, X-Ride, Suzuki Skywave, Spin, Skydrive dan Hayate karena standarnya sudah berukuran 220 mm seperti bebek. “Untuk memasang cakram depan bebek di skutik harus custom bracket pegangan kaliper untuk menyesuaikan diameter piringan yang lebih besar. Bracket tersebut bentuknya nyaris sama seperti bawaan motor, hanya saja dimensinya sedikit diperbesar untuk menyesuaikan piringan rem cakram.

Untuk harganya, piringan rem cakram orisinil bebek berkisar Rp 145-170 ribu di bengkel resmi, sedangkan biaya custom bracket kaliper rem sekitar Rp 70-90 ribu di bengkel bubut.

Lebih jelasnya, yuk lihat foto-foto berikut ini. Oiya, dicontohkan pada Honda Vario 125 yang menggunakan piringan rem cakram depan Honda Blade atau Absolute Revo. Yuk kita Bongkar!