Cara Pasang Kopling Hidrolik di Kawasaki W175

Kawasaki memberikan W175 kopling konvensional yang menggunakan kabel sebagai perangkat standar.
Meskipun part bawaan ini ringan saat ditarik, ada lagi lho cara untuk membuat handel kopling semakin ringan. Yup! Dengan memasang kopling hidrolik, seperti yang dilakukan oleh Bogie Ariestian dari Bengkel Teras atau B.E.A.R.S.

“Kelebihannya udah enggak pakai kabel pastinya, terus lebih ringan dan juga lebih gaya,” ujar Bogie.
Kopling hidrolik ini dapat menggunakan master rem sebelah kiri milik Yamaha NMAX, atau part aftermarket seperti RCB atau KTC.

Harganya menurut Bogie ada di kisaran Rp 150 sampai Rp 400 ribu untuk part orisinal seperti punya NMAX. Pemasangannya cukup mudah, cukup sediakan kunci ukuran 10 dan 12 serta obeng kembang.

Pertama-tama lepas kabel kopling dengan membuka setelan kopling menggunakan kunci 12.
Setelah itu, dilanjutkan melepas handelnya.
Buka baut handel kopling pakai kunci ring 10, tetapi sebelumnya harus mencopot switch lampu dan handgrip kiri supaya handelnya bisa keluar.
Buka switch pakai obeng kembang.

Langkah selanjutnya pasang master kopling, jangan lupa untuk memasang switch dan handgrip-nya lagi.
Setelah pasang masternya beres, lanjut pasang bagian penarik di bak kopling.
Dudukannya tetap pakai punya kopling ori W175.
Pasang menggunakan kunci 12. jangan lupa disetel jaraknya.
Untuk perangkat penarik yang terletak di bak kopling ini dijual terpisah, jadi harus membeli.
Harganya bervariasi mulai dari Rp 250 hingga 400 ribu.

Kemudian pasang selang di master rem dan dibaut pakai kunci 12.Setelahtersambung dengan komponen yang di bawah, masukkan minyak hidrolik atau minyak rem ke reservoir-nya sambil di-bleeding dan dibuang anginnya sampai kopling berfungsi.
Tertarik? Segera boyong W175 Anda ke Bengkel Teras yang terletak di jalan H. Adam Malik, Kreo Selatan, Larangan, Kota Tangerang, Banten.
Bengkel Teras (Bears): 0852-8676-1000

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel