00.01
0
Sampeyan pingin beli sepeda motor Gede (moge) minggu ini? Pertimbangkan masak-masak merek dan model apa yang cocok. Kalau beli motor gede tak semudah beli Bebek goreng.
Karena merek, model, dan tipe motor gede sangat banyak, untuk membawa pulang harus melalui banyak pertimbangan. Bila perlu, catat yang paling diprioritaskan agar dapat yang benar-benar fit dan nyaman dikendarai. Berikut tips yang perlu diperhatiin. Soal prioritas mana yang lebih penting, sampeyan yang lebih tahu :D

1. Ergonominya, Mungkin tampak sepele, tapi tidak demikian. Melihat-lihat di dealer, coba mengangkangi test ride motornya lalu putar-putar di sekitar dealer tidaklah cukup. Bila perlu tes agak lama, dan cobalah riding jarak jauh. Yang tampak nyaman di awal belum tentu sama untuk jarak jauh. Kalau pun tidak tes, perhatikan bobot pergelangan tangan menyanggah beban tubuh, jarak setang ke bodi, atau jauh tidaknya lipatan kaki ke belakang. Berusahalah jujur pada diri sendiri, apakah posisi tersebut sudah bikin nyaman atau belum.

2. Ketinggian joknya, Ini banyak dipertimbangkan, terutama orang indonesia. Hal ini menentukan apakah sampeyan akan menikmati riding-nya atau tidak. Tapi jika punya trik khusus dengan sepeda motor bertubuh tinggi atau sudah biasa, go ahead! (monggo)

3. Tameng Udaranya, Pilih paling sesuai gaya dan kebutuhan. Jika sering berjarak jauh, mendinganpakai tameng udara, atau bisa saja beli produk aftermarket-nya. Diterpa angin terlalu lama dengan kecepatan penuh membuat kondisi fatique/ lelah cepat terasa.

4. Ruang penyimpanannya, Akan sangat dibutuhkan jika sering melakukan touring luar kota.

5. Fitur dan Peranti elektroniknya, Kontrol traksi dan ABS akhir-akhir ini menjadi fasilitas penting buat motor gede dan diinstal di berbagai model. Tapi sekali lagi, pilih berdasar kebutuhan, karena fitur canggih pun kadang tidak terpakai.

6. Modelnya, Ada beberapa model yang harus dipertimbangkan. Misalnya sepeda motor touring,ber-fairing, naked, trail, supermoto, cruiser, adventure, atau bahkan skuter besar. Kebutuhan sampeyan menentukan model, bukan keinginan.

7. Desain atau stylenya Setelah dapat model, pertimbangkan desainnya. Banyak merek dan pilih yang sampeyan suka dengan pertimbangan-pertimbangan lain dalam artikel ini tentunya.

8. Harganya, Bisa jadi ini pertimbangan nomor wahid. Yang jelas, sesuaikan anggaran, jangan mengutamakan senang-senang tapi selanjutnya kelimpungan.

9. Keiritan BBMnya, Meski kebanyakan pembeli motor gede tak peduli soal banyaknya konsumsi bahan bakar, karena sudah hobi memang mesin ber-cc besar butuh bbm lebih banyak, tapi ada baiknya sampeyan mempertimbangkan isu lingkungan.

10. Suaranya Coba pasang telinga, dengarkan dan bedakan merdunya raungan mesin V-Twin atau 2 silinder segaris yang paling merdu buat sampeyan. Karena ini berkaitan dengan kenikmatan berkendara.

Sent from
My Android v4.2 supported by Wifi gratis, Online Teruuusss.