Cara Mudah Service Motor Injeksi Di Rumah

Servis motor secara rutin, wajib hukumnya sob, biar tunggangan kesaayangan gak ada kendala di jalan. Tapi, gak semua orang punya waktu buat nungguin tunggangannya di servis di bengkel. Sebab, ngantri-nya itu yang suka bikin bĂȘte! Apalagi kalau yang datang servisnya bejibun.

Padahal di era motor injeksi sekarang ini, seharusnya masalah servis bisa lebih praktis dan cepat. Sebab, motor dengan teknologi ini dirancang lebih mudah dalam hal perawatan.

Tenang sob, kalau ente ngerti dan doyan utak-atik motor, gampang saja kok servis motor injeksi sendiri. Termasuk ketika harus bersihin injektornya bila sudah terlalu kotor.
“Idealnya injektor dibersihkan setiap 4.000 km atau 2 kali penggantian oli mesin,”
Oh iya, ciri-ciri bila part penyembur kabut bensin ke ruang bakar ini sudah mulai kotor, biasanya tarikan motor terasa seperti tak bertenaga. Ada kemungkinan lubang semprot di injektor mulai ditumpuki endapan atau kerak. Sehingga debit semprotan bensinnya jadi kurang maksimal karena tertahan. Makanya, tarikan motor jadi lemes, bahkan mesin juga gampang ngelitik dan boros bbm.

Kerak atau kotoran tadi bisa berasal dari kualitas bahan bakar yang kurang bagus. Nah, untuk menyingkirkan kerak atau kotoran di injektor, umumnya di bengkel resmi menggunakan alat khusus.

Tapi, sobat jangan keburu ciut dulu karena gak punya alat itu. Karena sobat pun bisa memiliki alat senada yang kini mulai dijual umum di pasaran. Namanya SR15 FIC (Fuel Injection Cleaner).

Pakai alat yang harganya cuma Rp 1 juta ini, dijamin bikers bisa servis motor ijeksinya sendiri di rumah. Paketnya berikut dapat 24 botol injector cleaner loh, cara penggunaannya pun mudah, karena produk ini memakai sistem infus dari slang bensin bawaan. Cukup buka soket fuel pump dan slang bensin di tangki, lalu colok ke alat ini.

Namun langkah pertama, sobat harus merakit kit SR15 FIC ke tabung yang berisi cairan cleaner. Cairan pembersih ini sudah berikut additif dan bahan bakar beroktan sebanyak 150 ml, yang tersedia dalam paket. Di kalengnya, pastikan keran atas dan bawahnya dalam keadaan tertutup. Selanjutnya, masukan ujung konektor yang tersedia di kit, ke slang bensin yang tadi dilepas dari tangki. Lalu putar keran regulator ke arah kanan sampai jarum manometer bergerak, tanda tekanan sudah keluar. Lanjut buka keran control valve untuk mengalirkan cairan, trus nyalakan mesin motor selama 10 menit dalam keadaan idle (langsam), sampai cairan SR15 FIC habis seluruhnya.

Bila sudah habis, kurangi tekanan sampai nol dan tunggu sampai mesin mati dengan sendirinya. Untuk meyakinkan cairan sudah habis atau belum, sobat bisa coba stater motor beberapa kali. Jika sudah yakin habis, matikan kontak motor, kemudian lepas slang bensinnya dari tabung cleaner. Tinggal pasang lagi deh slang bensin dan soket fuel pump-nya seperti semula ke tangki.