Perbandingan Desain, Harga Matic 110cc

Munculnya Honda BeAT FI membuat pilihan konsumen makin beragam. Kini pilihannya lengkap sudah, 3 merek besar di Indonesia punya wakilnya yang satu kelas. Honda dengan BeAT FI, Yamaha mengandalkan Mio J dan Suzuki punya Nex FI.
Tentunya jadi menarik kalau ketiganya kita komparasi. Dari desain, harga hingga fitur, teknologi dan performanya. Setuju! Ketiganya satu kelas secara konsep, yaitu matik entry level yang ada di pasaran. Makanya, Honda Spacy Helm In dan Yamaha Soul GT sengaja enggak diikutkan, meski masih serupa secara beda segmentasi pasarnya.

Karena salah satu yang paling mempengaruhi keputusan membeli sepeda motor adalah desain dan harga, maka pada tulisan pertama ini dua hal tersebut yang jadi fokusnya. Ketiga motor ini punya harga jual yang tidak jauh berbeda. Ada di kisaran Rp 12 sampai Rp 13 jutaan.

Harga
Mari dirinci satu persatu. Harga diambil dari website masing-masing pabrikan yang merupakan harga on the road Jakarta per hari ini (25 Oktober 2012). Dimulai dari Yamaha Mio J ya.. Matik Yamaha ini punya banyak varian. Bedanya hanya sebatas pilihan pelek spoke wheel (jari-jari) atau casting wheel (CW) dan pilihan warna.
Totalnya ada 5 varian dengan total 20 pilihan warna. Wow! paling banyak dibanding kompetitornya. Tapi beda varian saja, beda pula harganya. Semua varian yang memakai pelek CW beda tipis sih, maksimal selisih Rp 200 ribu saja.

Sedang Honda punya tiga varian berbeda, ada BeAT FI berpelek jari-jari, pelek casting wheel dan yang paling tinggi dilengkapi fitur combine breake system (CBS). Sedang Suzuki cuma punya satu varian saja, Nex FI pakai pelek CW dan harganya ternyata paling murah dibanding kompetitor yang pakai pelek serupa.

Berikut harga jual masing-masing tipe:
Harga Yamaha Mio J Spoke Wheel: Rp 12,1 juta
Harga Yamaha Mio J Sporty Casting Wheel: 12,9 juta
Harga Yamaha Mio J Standar Casting Wheel: Rp 12,95 juta
Harga Yamaha Mio J Teen Casting Wheel: Rp 13,1 juta
Harga Yamaha Mio J Black Series Casting Wheel: Rp 13,1 juta
Harga Honda BeAT FI Spoke Wheel: Rp 12,1 juta
Harga Honda BeAT FI Casting Wheel: Rp 12,9 juta
Harga Honda BeAT FI Combine Brake System: Rp 13,5 juta
Harga Suzuki Nex FI Casting Wheel: Rp 12,65 juta

Sumber : Otomotifnet.Com