Tips sebelum membeli sepeda motor baru

Banyak orang menyesal setelah membeli motor baru entah karena kecewa, atau cepat bosan dengan sepeda motor yang baru dibelinya, entah itu desain, kualitas body, ketahanan mesin sampai dengan bayar kreditan :D
Berikut ini saya bagikan beberapa tips sebelum anda membeli sepeda motor
1. Planning / Rencana kegunaan
Mohon fikir dulu, kegunaan motor ini untuk apa? untuk belanja, untuk sekolah, untuk ngantor atau untuk ngojek wkwkwk
karena sebagian motor mempunyai fungsi dan kegunaan masing2, misalnya wanita cenderung milih matic karena mudah penggunaanya,bisa multifungsi sekaligus gaya :P
adapung pria memilih motor bebek karena gampang perawatan, gampang dimodif, enak buat aktifitas harian(bawa barang maupun ngojek)
2. Area jelajah
Nah, ini para bikers mania kurang mengerti, biasanya daerah untuk pegunungan memilih motor bebek atau motor sport, karena kuat ditanjakan sekaligus irit minum bensin, saya sarankan jangan beli motor matic alasanya, konsumsi bensinya lumayan boros dibanding motor bebek trus minim tenaga (pengalaman pribadi)
Jadi beda jauh sm yang tinggal di pesisir pantai (pantura), bisa milih motor apa aja.
3. Service & sparepart
Pernah ada teman bikers ngeluh ke saya, "mas nyari spartpart gir merk ini koq susah ya, kalaupun ada di pusat kota" waduh bisa jebol dah tu dompet (harganya, waktunya, + mampir beli Es) saran saya carilah merk yang mudah perawatanya sekaligus sparepartnya :D
4. Harga
Sebelum bernegosiasi dengan para sales dealer, alangkah baiknya kumpulin tuh brosur2 motor dari beberapa dealer, karna beda dealer beda harga, biasanya diiming2 dengan hadiah atau dikon gede.
hati2 jebakan, intinya teliti dengan cermat (kalo perlu pakai kalkulator)
sekian dulu tips dari saya, kalo ada yang benar silahkan ambil, kalo ada yang salah mohon koreksi
"Saya bukan sales motor, saya hanya pecinta motor" - vegalovers