Komparasi Piringan Cakram Bulat Vs Cakram Bergelombang

Beberapa motor keluaran terbaru saat ini menggunakan piringan cakram model bergelombang, atau sering dinamakan dengan sebutan petal disc. Selain bentuknya, ada beberapa perbedaan yang tidak banyak diketahui pemilik kendaraan bila dibandingkan dengan rem cakram biasa.

setidaknya ada 4 kelebihan pemakaian cakram model petal disc dibanding cakram biasa yang berbentuk bulat solid, berikut penjelasannya :

Dari segi penampilan model petal disc dinilai mampu meningkatkan sisi estetika komponen rem menjadi terlihat lebih keren. Bentuk yang bergelombang juga mampu menarik lebih banyak udara untuk masuk ke bagian dalam kaliper piston rem, sehingga bisa membantu pendinginan permukaan cakram yang terkena gesekan menjadi lebih cepat.

Sebagai informasi, permukaan cakram merupakan bagian terluar mesin yang paling banyak menerima tekanan panas berlebih, terutama saat pengereman sering dilakukan dengan durasi yang lama.

Secara bobot, piringan cakram model petal disc lebih ringan jika dibandingkan dengan cakram biasa dengan ukuran diameter yang sama.

Pengereman juga dinilai lebih mirip ABS, karena area permukaan disk yang memiliki desain bergelombang. Terkadang kanvas menerima gesekan area cakram yang luas dan berganti bergesekan dengan area yang lebih kecil karena bentuk tersebut.

Ketika pengereman, momen gesekan terjadi berulang-ulang, sehingga efek yang dirasakan akan sangat mirip dengan seperti sistem kerja rem ABS.