Tips Mudik Pakai Motor

Kapolri kembali menyarankan kepada para pemudik untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua alias motor saat mudik Lebaran tahun ini. Tingkat kecelakaan sewaktu mudik menjadi alasan kenapa Kapolri menyarankan sebaiknya masyarakat memanfaatkan mudik gratis yang banyak disediakan oleh beberapa perusahaan saat ini.

Yup, memang benar bahwa mudik dengan motor kerap jadi pilihan karena murah dan sedikit banyak bisa menghindari macet di beberapa titik. Tapi perlu diingat fakta bahwa kegiatan mudik setiap tahunnya meminta korban, dan kebanyakan berasal dari pengendara sepeda motor.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang terpaksa harus pulang dengan motor kesayangan sebaiknya selalu mengutamakan prinsip safety riding. Periksa terlebih dahulu kondisi motor mulai dari ban, kelistrikan, rem, dan sebagainya. Jangan pula memaksakan diri bila lelah di jalan karena tidak ada salahnya menepi sebentar untuk istirahat supaya bisa kembali mengumpulkan energi.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari saat Anda mudik dengan sepeda motor:

1. Jangan Bawa Barang Berlebihan
Perlu diingat bahwa motor punya kapasitas beban muatan yang perlu diperhatikan. Ini ada kaitannya dengan akselerasi dan manuver motor saat dipakai mudik. Seiring makin menjamurnya jasa pengiriman barang saat ini, sebaiknya Anda mengirim barang-barang yang tadinya hendak dibawa menggunakan motor terlebih dahulu. Sehingga nanti pada saat keberangkatan, Anda tidak perlu membawa barang terlalu banyak.


2. Jangan Boncengan Lebih Dari 1 Orang
Masih ada kaitannya dengan beban muatan motor, ada baiknya Anda jangan berboncengan lebih dari 1 orang. Saat ini masih banyak pemudik yang membawa hampir seluruh keluarganya di atas motor. Bahkan ada yang membawa balita untuk diajak mudik. Taati peraturan yang ada demi keselamatan Anda.


3. Tidak Menggunakan Masker & Jaket
Masker fungsinya untuk melindungi debu jalanan saat Anda menggunakan sepeda motor untuk mudik. Helm full face saja tidak cukup untuk menghalau debu yang berpotensi merusak paru-paru. Sementara Jaket berfungsi untuk mengantisipasi cuaca yang tak menentu dan mencegah Anda masuk angin saat di perjalanan.


4. Memodifikasi Motor
Seperti banyak dianjurkan, service motor terlebih dahulu adalah hal yang tepat dan jangan justru memodifikasi motor supaya terlihat keren saat dibawa ke kampung halaman. Kondisi motor yang standar biasanya lebih nyaman untuk diajak berpergian jauh.


5. Tidak Membawa Peta
Peta/map adalah salah satu hal penting yang harus dibawa saat mudik. Ini sangat penting jika sewaktu-waktu Anda lupa harus menempuh jalur mana untuk sampai ke kampung halaman. Peta juga penting untuk mengetahui tempat persinggahan, posko lebaran untuk peristirahatan.

Sumber : Detik Oto

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts