23.49
0
Kampas RemTerutama untuk rem depan. “Milik New Jupiter Z sama dengan Vega ZR, Jupiter MX, Mio Soul, New Mio Sporty, V-Ixion,” terang mekanik biasa dipanggil Puku itu. Sedang Scorpio sama dengan milik F1Z-R dan Jupiter Z.

Kampas rem belakang? “Semua bebek Yamaha terbaru sama,” lanjutnya. Bebek keluaran lama juga punya kesamaan, antara Crypton, Vega dan F1Z-R.

“Semua skutik kampas rem belakang juga sama, namun jika ingin lebih pakem bisa pakai milik bebek New Vega R, karena lapisan kampas lebih panjang dan lembut,” lanjut pria asli Lampung ini.

Kampas KoplingJika milik Vega ZR aus, bisa ganti punya New Jupiter Z. “Harga dan bentuk sama,” terangnya lagi. Sedang bebek generasi sebelumnya semua sama, walaupun ada perbedaan part number dan harga, namun bisa saling menggantikan.

Antara Scorpio dan V-Ixion sama. “Tapi bahan lebih bagus milik Scorpio, harganya juga lebih murah,” terangnya sambil menambahkan milik Scorpio Rp 140 ribu, V-Ixion Rp 200 ribu. Untuk kampas kopling skutik, semua varian juga sama. “Kecuali Xeon tentunya, karena basis mesinnya kan lain.”

CDI“Yang sama persis milik Mio Sporty dan Mio Soul,” lanjut mekanik berputra 2 ini.

Filter OliMesti diganti tiap 8 ribu km. Terdapat pada New Jupiter Z, Vega ZR, V-Ixion dan Scorpio. Untuk tiga tipe pertama sama persis, terbuat dari kertas. “Yang beda dan lebih awet, tapi bisa juga dipakai, yakni milik Scorpio. Karena dari tembaga, jadi bisa dicuci,” lanjutnya sambil menambahkan harganya Rp 80.000, sedang yang kertas Rp 25.000.

Aki“Antara New Jupiter Z, Mio Soul, V-Ixion, Xeon sama, pakainya aki kering. Sedang Vega ZR kesamaannya dengan Mio Sporty dan Jupiter MX,” paparnya lagi.

BohlamBuat lampu belakang semua varian sama. Sedang bohlam depan dibedakan dari jenis lampu. Sesama pemakai lampu dua, kayak New Jupiter Z sama dengan Jupiter Z lama. Sedang lampu tunggal, seperti Vega ZR sama dengan Jupiter MX.

Sil SokbrekerSil sokbreker depan jika dibiarkan bocor, lama-lama oli habis, peredaman tak nyaman dan bikin as sokbereker baret. Tak perlu susah mencari, karena semua bebek Yamaha sama, berdiameter 26 mm. Varian sport V-Ixion dan Scorpio juga sama-sama 33 mm.

BusiPemercik api di ruang bakar yang sama antara Vega, Vega R, Vega ZR, Jupiter, Jupiter Z, New Jupiter Z, Crypton.
Sumber : Bpk Jalaludin, kepala mekanik bengkelYamaha Pelangi Motor (YPM)Alamat : Jl. Boulevard Timur Blok NE No.61-62, Kelapa Gading, Jakut.