Cara Menyambung Kabel Motor dengan baik

Sobat Bebek.Com pasti pernah pasang variasi yang berhubungan dengan kelistrikan, semisal lampu variasi, klakson keong, dan peralatan variasi lainnya. Pernah juga dong menggunting dan menyambung kabel di tunggangan kalian. Biasanya, untuk mengambil arus ataupun menjumper arus. Biar enggak gampang lepas, nihtips sambung kabel anti lepas.

Sering kan saat menyambung kabel menggunakan isolasi hitam biasa? Tapi setelah beberapa lama terpasang, biasanya kekuatan isolasi hitam mulai berkurang dan mengakibatkan sambungan kabel terlepas. Cara Menyambung Kabel Motor dengan baik, aman deh. “Beruntung jika kabel yang terlepas itu gak konslet. Kalo sebaliknya, bakalan berabe tuh,” 

Cukup siapkan saja gunting, korek api, heatshrink alias slang bakar, tentunya kabel yang mau disambung. Sebelum disambung, tentunya potong slang bakar tadi secukupnya. Lalu, masukkan slang bakar tadi di salah satu kabel yang ingin disambung.

Sebaiknya serat masing ujung kabel yang ingin disambung dibagi dua. Lalu, ikat kabel yang satu dengan yang lainnya seperti mengepang rambut. “Boleh juga penyatuan kabel menggunakan timah solder,” 
Setelah yakin ikatannya cukup kuat, geser selang bakar tepat pada sambungan kabel tadi. Setelah itu, panaskan slang bakar tadi menggunakan korek api. Panaskan sampai slang bakar menciut dan menutup secara rata pada kabel. Tidak hanya bisa menutup sambungan kabel, slang bakar tadi juga bisa menutup antara kabel dan sekun (sambungan), caranya pun sama seperti menyambung antar kabel.


Dengan menggunakan slang bakar, sambungan antar kabel atau kabel dengan sekun, bisa aman dari air ataupun panas hawa mesin. Soalnya kalau pakai isolasi hitam biasa, lama-lama suka lepas atau meleleh terkena hawa panas mesin.

Selamat mencoba ya, bro!

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Related Posts