Cara Akalin Setelan Rantai Keteng Yamaha NMAX

Pemilik Yamaha NMAX 2016, beberapa mengeluh tiba-tiba muncul suara berisik dari mesinnya. Padahal, bisa dikatakan pemakaian normal lho. Yang dalam artian, tidak dipakai untuk kebut-kebutan.
“Hanya dipakai kerja, tiap hari rutenya Pamulang-Cideng. Jalannya pun normal, tidak dikebut melebihi 110 km/jam,”

Karena motor untuk harian, mesin tidak dicolek-colek alias standar pabrik. Pria keturunan Arab ini menambahkan, “Pada saat lampu merah, suara mesin tiba-tiba kasar. Kirain bunyi mur pengunci puli depan kendor, ternyata pas dicek, bunyi berasal dari setelan rantai keteng yang tiba-tiba tidak fungsi. Untungnya, nggak pas ngebut.”

Tapi, sekarang nggak usah panik lagi bro, karena Windhi Pramudia dari Nouvo Suka Suka Service Station punya solusi. Daripada beli baru rusak lagi, mending diakalin pakai baut drat 8 dengan panjang sekitar 5 cm. Pasangnya sangat mudah, buka karet penutup setelan dan masukan baut yang telah kita siapkan tadi sambil diputer searah dratnya. Nah, setelah kencenganya sesuai kita inginkan, kita pergunakan lem besi agar baut tersebut tidak mudah lepas.

“Setelan model manual ini, banyak diaplikasikan pada motor-motor balap. Jadi, kalau rantai sudah mulai kendor bisa putar lagi bautnya biar rantainya kencang lagi,”