Cara Bersihin Throttle Body Honda Vario 125

Throttle Body (TB) memang tidak membutuhkan perawatan intens layaknya karburator. Namun penggunaan yang terus-menerus dan bikers yang kurang memperhatikan kebersihan filter udara, membuat TB kotor.

TB yang kotor membuat tarikan mesin sedikit lebih berat, karena banyak dihinggapi kotoran sehingga mengganggu bacaan sensor dan lainnya.

Solusi dari ini semua yakni lakukan pembongkaran atau service.
“Saat membongkar TB, sebenarnya gak semua bagian harus dibuka dan wajib diperhatikan karet-karetnya, terutama karet di injektor,” 

Yang pertama, bongkar injektor yang biasanya dibaut di intake manifold.
Jangan lupa dipisahkan saat pembersihan, karena di dalamnya terdapat seal karet sebagai pelindung udara palsu tidak masuk ke dalam.
Bila tidak dipisahkan, dikhawatirkan karet akan melar terkena bensin atau cairan cleaner saat proses pembersihan.
Karet seal lainnya yang harus dipisahkan yakni karet di antara TB dan intake.

Pembersihan TB sebenarnya tidak haram menggunakan cleaner, namun ada baiknya tidak langsung mengenai sensor yang menempel di TB seperti sensor TPS (Throttle Position Sensor), IAT (Intake Air Temperature), MAP (Manifold Absolute Pressure) dan sebagainya.

“Di Vario 125 lebih baik semprot ke bagian yang kotornya saja dan gunakan sedikit bensin untuk membersihkannya,” Jangan sampai membongkar komponen sensor ya. Ditakutkan sensor elektronik malah error atau bermasalah kalau dibongkar semua.

Hal lain yang perlu diperhatikan yakni idle screw yang ada di TB. Komponen yang terbuat dari plastik ini wajib dibuka dan dibersihkan.
“Di komponen ini rawan dihinggapi kotoran, jadi pengaruh ke langsam motor yang tidak normal,”
Cara Bersihin Throttle Body Honda Vario 125 Cara Bersihin Throttle Body Honda Vario 125 Reviewed by Dangdut Mania on 21:36 Rating: 5
Post a Comment
Powered by Blogger.