Adu Yamaha FreeGo VS Honda Vario 125, Hebat Mana?

Pada dasarnya Yamaha FreeGo mengusung mesin 125 cc. Mesin ini sama seperti Yamaha Mio Seri, Soul GT, X-Ride atau Fino Series.

Hanya saja, Yamaha mengklaim, FreeGo memiliki fitur-fitur lebih lengkap, termasuk jadi skuter 125 cc pertama yang menerapkan teknologi Anti-lock Braking System (ABS).
Nah kali ini kita akan bahas apa saja keunggulan Yamaha FreeGo yang digadang-gadang untuk menghadang Honda Vario 125.
Adapun fitur-fitur yang diterapkan berupa, bagasi luas mencapai 25 liter, bahkan lebih besar dari NMax.
Selain itu ada juga Smart Front Refuel, dimana untuk membuka lubang tangki pengisian yang berada di posisi depan hanya menekan tombol sehingga pengendara tidak perlu membuka jok.
Pada bagian kaki-kaki, FreeGo menggunakan ban Tubeless berukuran  12 inch sehingga membuat motor lebih stabil saat bermanuver.
FreeGo juga diklaim memiliki bagian jok cukup  panjang, yaitu mencapai 895 mm dan ruang kaki juga cukup sehingga dapat menambah kenyamanan saat berkendara.
Agar tampil stylish dan canggih, skuter ini dilengkapi LED Headlight & Hazard Lamp, bahkan Electric Power Socket, Smart Key System (SKS), dan Stop & Start System (SSS).
Skuter ini juga dilengkapi mesin 125 cc Blue Core dengan sistem intake baru dan Smart Motor Generator (SMG) sehingga dianggap akselerasi dan starter lebih halus.
Skutik ini juga hadir dengan berapa pilihan pilihan standar, S dan S-ABS yang tentunya dilengkapi dengan pengereman ABS agar lebih aman. Untuk model ABS sendiri hadir warna Matte Red dan Matte Grey.
Soal harga, Yamaha FreeGo standar dijual Rp 18,5 juta, model FreeGo S dibanderol Rp 19,7 juta dan FreeGo S ABS dilepas Rp 22,5 juta. Semua harga ini jual dengan status on the roadJakarta.
Mesin Yamaha FreeGo
Dimensi
- P x L x T : 1905 x 690 x 1100 (mm)
- Jarak Sumbu Roda : 1275 mm
- Tinggi Tempat Duduk : 778 mm
- Berat Isi : 100 Kg
- Kapasitas Tangki Bensin : 4,2 L

Mesin
- Tipe Mesin : Air Cooled 4-Stroke,SOHC
- Susunan Silinder : Single Cylinder
- Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
- Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
- Volume Silinder : 125 cc
- Daya Maksimum : 7,0 kW / 8000 rpm
- Torsi Maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm
- Sistem Starter : Electric & Kick Starter (Standart)
- Sistem Pelumasan : Wet Sump
- Kapasitas Oli Mesin : Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
- Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
- Tipe Kopling : Single dry clutch
- Tipe Transmisi Full Automatic

Rangka
- Tipe Rangka : Underbone
- Suspensi Depan Telescopic Fork
- Suspensi Belakang Unit Swing
- Ban Depan 100/90 - 12M/C 59J - Tubeless
- Ban Belakang 110/90-12M/C 64L - Tubeless
- Rem Depan : Single Disc Brake
- Rem Belakang : Drum Brake

Kelistrikan
- Sistem Pengapian : TCI / Transistor
- Battery : YTZ7V
- Tipe Busi : CR6HSA

Lantas bagaimana dengan Honda Vario 125?

Jika melihat secara desain memang Honda all new Vario 125 maupun 150 telah mengalami ubahan beberapa waktu lalu.
Salah satunya adalah dengan keberadaan lampu depan LED yang elegan karena dibuat bertingkat.
Honda all new Vario 125 juga memiliki panel instrumen baru yang sudah full digital dengan informasi yang beragam.
Bagasi Honda all new Vario 125 mampu menampung 18 liter.
Beberapa fitur yang dibenamkan Vario 125 seperti anti theft alarm. Fitur ini telah lebih dulu ada di PCX 150 dan juga Scoopy.
Fitur ini bisa disebut anti maling, karena jika Anti theft alarm diaktifkan maka alarm akan berbunyi meski posisi motor atau guncangan pada motor.
Pada model termahal Vario 125, dilengkapi fitur Idling Stop System (ISS). Dengan fitur ini, maka mesin secara otomatis bisa mati pada saat berhenti sejenak atau berhenti di lampu merah.
Pengereman all new Vario 125 dilengkapi Combi Brake System (CBS) dimana tuas rem belakang ditekan, secara otomatis rem depan turut bekerja. Tentu saja fungsi dari sistem ini untuk mengoptimalkan kinerja sistem pengereman. 
Honda Vario dijual dengan dua varian yaitu Vario 125 CBS Rp 19,2 juta dan Vario 125 CBS-ISS Rp 20 juta, keduanya dijual dengan status on the road Jakarta-Tangerang.

Dimensi
- Panjang x lebar x tinggi : 1919 x 679 x 1062 mm
- Tinggi tempat duduk : 769 mm
- Jarak sumbu roda : 1.280 mm
- Jarak terendah ke tanah : 132 mm
- Curb weight : 111 kg
- Kapasitas tangki bahan bakar : 5,5 liter
- Kapasitas minyak pelumas : 0,8 liter pada Penggantian Periodik

Tipe Mesin
- Mesin : 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan
- Sistem suplai bahan bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
- Diameter x langkah ; 52,4 x 57,9 mm
- Tipe tranmisi : Otomatic , V - Matic
- Daya maksimum ; 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
- Torsi maksimum 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
- Tipe starter : Elektrik
- Tipe kopling : Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

Rangka
- Rangka Underbone
- Suspensi depan : Telescopictipe
- Suspensi belakang : Swing Arm dengan suspensi Tunggal
- Ukuran ban depan : 80/90 - 14M/C 40P Tubeless
- Ukuran ban belakang 90/90 - 14M/C 46P Tubeless
- Rem depan : Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
- Rem belakang : Tromol

Kelistrikan
- Tipe baterai atau aki : MF 12V-5 Ah
- Sistem pengapian : Full transisterized
- Tipe busi : NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9
- Lampu depan : LED 2,2W x 2 (low), 4,4W x 2 (high)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel