5 Tips Motor Lebih Irit BBM

Berikut ini adalah 5 Tips untuk membantu menghemat bahan bakar (BBM) si kuda besi kesayangan, yang dibagikan Suzuki Indonesia.

1. Cara membawa motor alias mengajaknya mengaspal

Cara berkendara, tak cuma soal posisi nyaman, namun harus bisa mengendalikan kecepatan motor secara lebih stabil, agar bahan bakar juga lebih awet.

2. Cek tekanan ban

Tekanan ban ikut mempengaruhi konsumsi bahan bakar sepeda motor. Bila tekanan angin pada ban kurang, maka laju motor akan lebih berat sehingga butuh ekstra tenaga, yang berarti ekstra bahan bakar pula.

3. Perhatikan kualitas pelumas (oli)

Jangan kompromi soal kualitas pelumas atau oli motor. Bila menggunakan kualitas pelumas yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi motor, gesekan di dapur pacu bakal lebih mulus, dan suhu mesin lebih terjaga. Hasil akhirnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

4. Periksa kondisi busi

Jangan malas untuk periksa kualitas busi yang dipakai. Siapa tahu sudah berumur dan harus diganti dengan yang baru. Busi yang bermasalah bisa menjadi sumber borosnya bahan bakar motor.

5. Tahu lebih soal motor milik sendiri

Gunakan panduan buku manual serta catatan berkala setiap kali melakukan servis. Sehingga R2 kesayangan selalu terpantau kondisinya. Hal ini penting, karena ketidakberesan jeroan motor membuatnya perlu pasokan bahan bakar lebih banyak.