Cara Setting Sok Depan Tanpa Bongkar

Sokbreker depan motor-motor sport 250 cc umumnya tidak dilengkapi fitur yang memungkinkan untuk mengatur preload.

Meskipun sok tersebut bertipe Upside Down, biasanya belum tersedia. Alhasil buat mereka yang merasa terlalu keras atau ingin dipakai buat balap harus ke modifikasi sok tersebut ke tukang sok.

Biasanya hitung ulang kapasitas oli atau memotong per, supaya mendapatkan bantingan yang lebih pas. Sekarang semakin dipermudah, karena sudah banyak perload aftermarket di pasaran.

Supaya sokbreker depan bisa disetel kekerasannya tanpa harus dibongkar. Jadi tidak perlu repot-repot bongkar sok untuk mengatur kekerasannya.

"Yang pertama tentu harus buka tutup sok menggunakan kunci sok 22, hati-hati jangan sampai mental,"

"Kalau sudah terlepas congkel o-ring karet yang menempel di tutup sok standar dan pindahkan ke preload, Kalau sudah terpasang ini tinggal diseuaikan mau bantingan standar atau lebih keras,"

"Mau keras tinggal putar ke arah kanan supaya per lebih ditekan dan pegas makin rapat," jelasnya.

"Diputar ke arah sebaliknya berarti sokbreker makin lembut karena sok jadi lebih main," jelasnya lagi.

kalau susah memasang preload ini, pastikan dulu posisipsetang mengarah ke bagian sokbreker yang dipasang.

"Misal mau pasang yang sebelah kiri maka arahkan setang ke kiri, kalau ke kanan arahnya juga ke kanan, tujuannya agar preload mudah masuk ke drat as sokbreker,"

"Selain itu supaya selonsong dalam sokbreker bisa netral, tidak ada tekanan dari per sehingga ketika menyetel sokbreker lewat preload ini lebih presisi," tutupnya.