Cara Mengatasi Rem Motor yang Ngempos

Ada beberapa macam penyebab Rem motor ngempos, salah satunya yang kerap terjadi karena seal master rem yang rusak.

Bisa jadi kampas rem sudah aus, kalaupun masih bagus bisa jadi ada angin palsu di sistem pengereman, sehingga membuat tekanan pompanya itu ketika ditekan terus ada yang loss

Atau bisa juga pompanya sendiri ngempos, ada seal yang bocor, kan dia hidrolik, ada yang keropos dan mengakibatkan kelainan di masternya, atau selangnya sendiri yang sudah deformasi (berubah bentuk dari wujud awalnya).

Untuk kasus seal master rem yang bocor ini umumnya terasa ketika handle rem ditekan, susah untuk balik ke posisi awal. Juga, rem tidak lagi pakem, karena seal menyedot angin dari luar yang menyebabkan angin palsu.

Kalau sudah terjadi gejala tersebut, maka satu-satunya cara adalah mengganti seal master rem. Harga komponen ini juga variatif sekitar Rp 80 ribuan untuk suku cadang asli dan tergantung tipe motornya.

Perlu perhatikan, agar penggantian seal master rem ini juga dibarengi dengan pengurasan minyak rem, tentunya untuk membasmi angin palsu yang sebelumnya terjebak.

kalau penggantian seal master rem belum bisa memberikan solusi tersebut, jalan keluarnya adalah ganti komponen pengereman termasuk master remnya.

Juga kabel rem. Apalagi kalau kondisinya ketika sedang bekerja atau ditekan terus-menerus, dan terkena minyak rem mengembangnya terlalu mekar, membuat tekanan minyak rem yang masuk ke kaliper tidak maksimal. 

"Memang harus dicek satu-satu, kalau begitu dicek daleman master rem keropos, semuanya ganti,"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel