Starter Motor Ngadat, Cek 3 Komponen ini

Menyalakan motor dengan starter bisa semudah menekan saklar lampu kamar. Tinggal pencet, motor langsung nyala. Namun beda cerita bila sudah dipencet, mesin tak kunjung hidup. Apalagi sampai dipencet berkali-kali, indikasi mesin buat menyala juga tidak terasa, tentunya ada kerusakan pada sistem starter elektrik motor.

Ada beberapa penyebab starter utama sulit menghidupkan mesin. “Paling aki tekor, harusnya sih ganti, atau kalau masih bagus bisa cek dinamo atau enggak bendik starter,”

Untuk masalah yang pertama ini sebenarnya jarang ditemukan. Sebab dinamo starter dirancang punya durabilitas yang tinggi. Kalaupun bermasalah, ada pada brush atau arang kumparannya yang putus karena korsleting.
Solusinya, adalah ganti arang kumparannya di pasaran punya harga mulai dari Rp 25 ribuan. Namun banderolnya yang murah tidak sebanding dengan cara pemasangannya. Ada baiknya dikerjakan oleh mekanik terpercaya. Karena penggantian komponen ini disertai dengan pembersihan lilitan kawat tembaga dinamo.

Masalah kedua, patut curigai bendik motor. Komponen ini bertugas memicu aliran listrik dari aki yang diumpankan ke dinamo starter. Apabila bendik rusak, maka arus listrik tidak akan tersalurkan ke dinamo starter, dan mesin tidak akan menyala.

“Kalau bendik rusak, coba di-starter aja, biasanya kan bunyi tuh cetak-cetak doang, walaupun masih ada arus dia enggak kuat muter dinamo starter,”

Rusaknya bendik terjadi karena dua kutubnya kotor sehingga menghalangi arus listrik. Setelah dibongkar, ujung kutub bendik dibersihkan dengan amplas yang halus biar tidak terlalu mengikisnya. Adapun bila ingin menggantinya, komponen bendik original pabrikan dijual mulai dari Rp 40 ribuan tergantung jenis motornya.

Aki soak dan saklar starter yang kotor

Terakhir, akar permasalahan tentunya datang dari aki yang sudah soak. Aki yang sudah tidak mampu menyuplai listrik bisa terdeteksi saat memutar kunci kontak ke arah ON. Dalam posisi itu, kemudian aktifkan lampu sein atau klakson, bila sein maupun klakson tidak mau menyala, sudah dipastikan akinya yang soak.

Jadi untuk menyalakan lampu atau klakson saja tidak kuat, apalagi untuk menyalakan mesin. Cara lain agar motor bisa distarter lagi adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Kalaupun masih menggunakan aki basah, selain membeli baru, bisa mengganti air aki kemudian disetrum kembali.

Untuk aki yang soak ini penyebabnya karena usia pemakaian. Ada pula aki yang kurang setrum akibat energi yang terbuang saat mesin tidak menyala, contohnya karena lampu sein yang menyala, atau klakson yang ditekan terus-menerus.

Bila komponen yang telah disebutkan tadi masih dalam kondisi baik, tidak ada salahnya buat memastikan saklar starter dalam keadaan bersih. Bila sering melewati jalanan berdebu, ada kemungkinan lempengan besi di balik mekanisme saklar starter sudah tertutup debu.

“Jangankan starter, saklar klakson juga susah hidup itu kalau ketutup debu,”