Biaya Modif Yamaha Scorpio ala Moge Scrambler

Modifikasi motor beragam bentuknya. Saat ini aliran kustom yang sedang menjamur seperti Chopper, Tracker, Bobber, Cafe Racer, dan Scrambler.

Nah untuk yang terakhir ini diakui Dimas Rendra, penggawa rumah modifikasi Dimas Garage di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, naik daun lagi. Bahkan beberapa garapannya akhir-akhir ini lebih banyak bergaya Scrambler beserta kombinasinya.

Sebut saja Scrambler berpenampilan moge yang baru dibuatnya. Dibilang mirip moge karena pemesan menginginkan dual cakram di ban depannya.

"Kalau yang ini tingkat kesulitannya agak banyak sih, karena ini hampir rata-rata sudah bukan aslinya motor lagi, seperti rem depan yang dibuat double cakram dan lain-lain," jelas Dimas

Selain penyematan cakram ganda tersebut, ubahan lain biar beda dengan modifikasi lain ada pada rangkanya yang sengaja dibuat memanjang.

"Rata-rata Scrambler dan Tracker rangkanya 'nonggeng', ini malah datar sesuai keinginan owner, tadinya gue mikir apa enggak aneh ya, tapi ternyata hasilnya terlihat enak dan bagus," tambahnya.

Adapun dari rangkanya itu membuat joknya jadi lebih memanjang, dan dimensi motor secara keseluruhan terlihat lebih proporsional berkat tambahan ban berprofil gambot.

Bisa dibilang, hampir seluruh pengerjaan merupakan handmade dari Dimas dan rekan-rekan mekaniknya. Sebut saja tangki, cover aki, spakbor, skid plate, rangka, dan joknya dikustom sendiri. 

Sementara sebagai kosmetika supaya terlihat lebih maskulin, ada tambahan komponen aftermarket meliputi suspensi depan dan belakang, speedometer digital, ban big block dari Shinko, lampu utama LED spider eye, dan sentuhan akhir berupa penyematan warna yang sesuai dengan part-part tadi.

Terakhir bicara ongkos modifikasi, Dimas menuturkan tidak melebihi Rp 50 juta. "Sekitar 40 jutaan itu sudah termasuk mesin Scorpio tahun 2011 dan yang pasti surat-surat lengkap ya," tuntas Dimas.

Data modifikasi :

Tangki: Custom
Cover tangki: Custom
Shock depan: Ride It
Shock belakang: YOKO
Cakram depan: PSM
Kaliper depan kanan: Yamaha Scorpio
Kaliper depan kiri: Suzuki Thunder
Cakram belakang: Yamaha Vixion
Master rem: RCB
Selang rem: TDR
Headlamp: Spider Eye
Stoplamp: Aftermarket
Sein: Aftermarket
Speedometer: Digital aftermarket
Exhaust wrap: Gorilla
Velg: Rossi
Ban depan: Shinko 130/80 R17
Ban belakang: Shinko 150/70 R17
Gear belakang: SSS


Bagaimana, tertarik dengan desain modifikasi Scrambler ini?

Dimas Garage
Alamat: Pondok Cabe 5 Gang Kelapa, Jl. Kubis IV, Tangerang Selatan. 08111020392

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel