Jangan Pakai Sandal Ketika Motoran Jarak Jauh, Bahaya Cuy!

Berkendara dengan sepeda motor memang memiliki resiko kecelakaan yang cukup besar. Oleh karena itu, pengendara wajib mengenakan perlengkapan keselamatan yang dianjurkan. 
Hanya saja, sebagian orang masih beranggapan bahwa piranti keselamatan saat mengendarai motor hanyalah sebatas penggunaan helm saja. Padahal, ada piranti keselamatan lain yang tidak kalah penting, yaitu penggunaan sepatu.

Ya, penggunaan sepatu saat berkendara dengan sepeda motor tersebut masih sering diabaikan oleh para pengendara. Andry Berlianto selaku instruktur Rifat Drive Labs (RDL) menuturkan, sejatinya penggunaan sepatu sangat ideal saat berkendara, karena dapat berperan dalam melindungi kaki.

“Penggunaan sepatu memang sangat ideal saat mengendarai motor, karena sepatu mampu melindungi kaki saat terjadi potensi gesekan yang berbahaya,” jelas Andry.

Menurut Andry, alas pada sepatu memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan sendal biasa dalam mengatasi kondisi selip atau jalanan licin. Selain itu, sepatu yang mampu menutupi seluruh mata kaki juga memiliki kelebihan untuk melindungi kaki agar tidak terluka saat terjadi sesuatu.

Andry pun menyarankan agar pilihlah sepatu yang dapat menutupi seluruh bagian kaki, nyaman saat dipakai, dan fleksibel dalam melakukan pergerakan. Hindari juga penggunaan sepatu yang terbuat dari bahan material karet.

“Untuk jenis sepatunya sih apa saja boleh, selama dapat menutupi seluruh bagian kaki, nyaman digunakan tidak sempit dan tidak kelonggaran, fleksibel, dan yang paling penting jangan terbuat dari bahan karet, karena berbahaya,” sambung Andry.

Terakhir, Andry pun mengimbau agar para pengendara motor sebaiknya gunakanlah sepatu terutama bila hendak bepergian jauh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel