22.32
0
Banyak vegalovers yang pengin besutannya kian responsif. Caranya, mengubah sistem transmisi otomatis jadi manual (kopling manual). Cuma masalahnya, kuda besi itu menganut teknologi diagfragma. Selain agak ribet bikinnya, juga sering selip. :(

Apalagi di pasaran juga sudah ada kit atau spare-part pendukungnya. Eh, sudah ada nih yang bisa bikin. :D

Pertama, sebelum memulai kerja, siapkan dulu, perkakas masak : obeng kembang, T-8, T-12, ring 10, ring 12 dan ring 21. Oh ya, saat nanti membuka bak kopling, jangan sampai pakingnya rusak. Karena harganya cukup mahal, sekitar Rp 32 ribu.

Sekarang, mulai buka bak kopling. Tapi sebelumnya siapkan wadah untuk menampung olinya. Sementara itu, buka juga footstep dan kick starter, gunakan kunci ring 10 dan 12. Ini untuk memudahkan pekerjaan.

Jika sudah beres, gunakan kunci T-8 buat melepas baut pengunci bak kopling dari asalnya (gbr.1). Setelah copot, bawa bak kopling ke tempat las aluminium terdekat

Terpenting, konstruksi jalur tali koplingnya jangan dibuat tidur. Kalo dibuat rebah pasti gak ada tendangan baliknya dan ujung-ujungnya selip kopling karena konstruksi yang salah. Lalu untuk dudukan aluminiumnya, jangan terlalu besar karena posisi dalam bak yang sempit.

Nah biar si bak kopling bisa duduk manis di tempatnya ada lagi triknya. “Bos pada rumah kopling otomatisnya harus dimodifikasi, digerinda sekitar 1 mm (gbr.2), agar kopling gak selip, apalagi kalau mau kembali ke semula gak repot tinggal tebus kembali bos yang digerinda itu,”

“Biar tambah yahud bak kopling yang kena api las dicat ulang sewarna aslinya. Selain itu kampas kopling orisinalnya diganti punya Jupiter MX (gbr.3) harga per lembarnya Rp 70 ribuan. Sebab kampasnya lebar-lebar.

Trus Handlenya? Bisa pakai punya MX / Mio lengkap sama rumahnya dan dijual Rp 55 ribu, lalu tali koplingnya Rp 32 ribu.
Untuk batok lampu bs diganti pake : Yamaha Mio KEREN :D