22.03
0
Yamaha Vega ZR (VZR) jebolan PT YMKI ternyata banyak menyihir para penikmat kecepatan. Hal ini dibuktikan dari banyaknya para vegalovers besutan berkapasitas 115 cc ini yang masuk bengkel langganan untuk meningkatkan performa mesin.

Gimana, Anda pengguna VZR yang juga pengin bikin tarikan motor itu lebih agresif? Gampang, kalo buat harian bisa setting girnya, tuh! Lho, bukannya peranti pendukung besutan ini masih jarang? Lantaran ukuran rantainya 420?

Pertanyaan itu emang betul.. betul.. betul! Tapi, tenang. Ada solusinya, kok. Caranya, bisa pakai metode substitusi! Yakni memanfaatkan gir bawaan saudara sekandung, Yamaha Jupiter MX atau New Jupiter Z. Atsikkk... kan? :D

Namun mesti tebus dulu hub girnya sekalian. Pasalnya hub gir VZR, dudukan lubang bautnya beda dengan Jupiter MX. Harganya berkisar Rp 120 ribu (gbr.1)

Ya udah, biar ada gambaran jelas, yuk kita praktikkan langsung. Sebelumnya siapkan peralatannya; panci kunci ring 19-20 dan kunci sok 14. Pertama, posisikan besutan pakai standar tengah. Lalu buka ban belakang dengan kunci ring 14 dan 17.
Setelah ban lepas, pasang hub gir baru. Untuk memasang girnya, lebih enak langsung di atas motor (gbr.2). Jadi memanfaatkan pegangan dari karet hub-nya. Lalu pasang dan kencangkan mur pengikatnya dengan kunci sok 12 (gbr.3).

Eh, ingat ya! Penggantian ini khusus yang sulit dapat gir untuk rantai ukuran 420. Bila di wilayah vegalovers ternyata ada ukuran gir untuk rantai ukuran 420, lebih baik beli jadi aja, biar lebih hemat, Semakin kecil ukuran rantai sangat berpengaruh ke akselerasi motor, yakni lebih enteng. Nah, kalo soal ukuran gir, tergantung kebutuhan mesin. Tapi biasanya kalau untuk korek harian ada di rentang 15/48, tapi kalau untuk mobilitas harian dan bawa-bawa barang 15/41 juga oke!