19.08
0
KTC
Harga per kopling KTC untuk semua motor sama, Rp 55 ribu. Katanya cocok untuk yang sering stop and go, tarikan kopling lebih responsif.

“Banyak yang cari biasanya untuk up grade performa motor harian,” jelas Aphin dari Surya Motor di Jl.Ciledug Raya Petos 6 No.1 Puri Beta, Ciledug, Tangerang.

HRP
Per kopling HRP bisa dijadikan pilihan untuk aplikasi di motor harian. “Untuk semua motor harga Rp 100 ribu,” kata Holong Lubis, marketing HRP.

Lebih keras dibanding standar. Tinggi pegas dan diameter ulir per lebih besar. “Banyak ragam ukuran, mulai untuk motor standar dan full racing,” jelas Holong.

INSPIRO
Katanya kelebihan pakai per kopling Inspiro jika buka tuas kopling sedikit saja motor langsung ngacir. Untuk Yamaha Byson Rp 160 ribu,
F1ZR Rp 85 ribu,
Jupiter MX Rp 90 ribu,
Jupiter-Z Rp 85 ribu,
RX-King Rp 85 ribu.
Karisma Rp 85 ribu,
Supra Rp 85 ribu,
Tiger Rp 90 ribu.
KLX 150 Rp 150 ribu.
Shogun Rp 125 ribu,
Smash Rp 85 ribu.
Per ini tersedia di AHRS Depok, Jl. Tole Iskandar No.162, Depok. Telepon (021) 7782-0649

FAITO
Per kopling buatan Malaysia katanya setara produk Jepang. “Bukan hanya warna pelangi, melainkan kinerjanya lebih responsif dibanding per kopling standar, serta ketahanannya lebih lama,” kata Richi, PR Marketing Motori Rumahnya Biker.

Umumnya per kopling ini, hanya untuk motor bebek. Di antaranya Supra X-125, Karisma 125, Grand, Jupiter Z, Jupiter MX, Force-1 dan Kaze.

Harga untuk Supra X125 lebih mahal ketimbang yang lain, siapkan budget sekitar Rp 114 ribu. Sedangkan untuk yang lain hanya Rp 108 ribu. Kunjungi Jl. Panjang No. 21, Duri Kepa, Jakarta Barat. Telepon (021) 9951 9252.

TDR RACING
Dari namanya sudah kental dengan aura balap. Bila digunakan untuk motor harian pastinya semakin responsif. “Didesign lebih keras, dibanding standar. Kan kebanyakan penggantian per kopling dicari yang lebih keras,” kata Sui Kiong alias Ko Yonk, owner Yonk Jaya Motor.

TDR Racing tergolong global alias banyak pilihan. Untuk bebek, sport dan motor batangan. “Termasuk Karisma serta Ninja 250R dan CBR 250R juga ada,” tambahnya.

Kisaran harga Rp 85 ribu buat motor bebek dan Rp 150 ribu untuk motor sport. Kalau pengen beli datang Yonk Jaya Motor di Jl. Ahmad Yani No. 358, Bandung. Telepon (022) 7271337.

KAWAHARA
Kemampuan juga melepas per kopling. “Pertama diriset di One Make Race (OMR) Honda beberapa tahun lalu,” kata Jessy Liga Siswanto, owner Kawahara.

Dengan riset, langsung bikin per kopling untuk Jupiter MX, Jupiter Z, RX King, Satria F, Satria 2-tak, Shogun 125, Smash, Honda CBR150R, CBR250R, Tiger, Karisma, Supra 110, Kawasaki Ninja 150, Ninja 250 dan KLX 150S.

Untuk pemanis, per kopling Kawahara sedikit diberi warna pelangi agar lebih menawan. Dilego kisaran Rp 65 ribu. Yang berminat datang ke bengkel Ultraspeed Racing di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 42, Ciledug Tangerang. Telepon (021) 7313886.

CLD
Per kopling CLD ada tiga tipe, medium, new kompetisi dan road race. Medium punya sifat daya pegasnya lebih soft dibandingkan new kompetisi dan road race, per tipe ini terbuat dari baja batang dan diameter pernya lebih kecil.

Selain itu daya pegasnya 10% lebih keras dibandingkan standar cocok buat akselerasi. Sementara dari sisi harga per ini dibanderol Rp 70 ribu.

Tipe lainnya yaitu new kompetisi, cocok diaplikasi untuk motor balap dan bisa juga digunakan untuk motor harian. “Sekitar 15% lebih keras jika dibandingkan standar ini, entakan motor bisa lebih galak,” ungkap Dodo Zulianto bos CLD.

Terakhir, tipe road race yang dirancang untuk road race, 20% lebih keras dibandingkan standar. “Dilego Rp 85-100 ribu,” bilang Dodo dari Jl. Ciledug Raya No. 11, Ciledug, Tangerang.

BRT-BINTANG RACING TEAM
Kelebihan per kopling asal Cibinong, Bogor ini terbuat dari bahan SWOT. Yaitu, semacam material serat baja yang karbonnya digunakan untuk bahan per klep.

“Sengaja pakai bahan yang biasanya digunakan untuk per klep, karena jika dilihat dari cara kerjanya per klep 20 kali lipat lebih keras jika dibandingkan dengan per kopling. Jadi, agar bisa lebih kuat,” kata Tomy Huang, bos BRT.

Per klep yang dirancang 10% lebih keras ini memiliki kandungan serat karbon yang lebih tinggi. Selain itu, per ini juga diaplikasi untuk motor bebek dan sport. Kisaran harganya Rp 25 ribu untuk satu per.

Selain itu, proses harden yang digunakan menggunakan teknologi Jepang dengan nama nitrit proses. “Jadi, permukaan kawatnya dicelupkan ke dalam cairan nitride, sehingga pernya bisa lebih lentur,” beber Tomy Huang yang markasnya di Jl. Mayor Oking Jayaatmaja, No. 102, Cibinong, Bogor.

DAYTONA
Per kopling ini terbuat dari bahan baja. Selain itu, “Menggunakan per kopling ini akan membuat kampas kopling bisa lebih awet,” kata Go Alex Winata dari Daytona Gallery Harvin Motor yang berada di Jl. Kenjeran No. 532C, Surabaya.

Produk aftermarket ini punya tipe yang bisa digunakan untuk motor bebek dan sport. Seperti Supra, Athlete, Titan, Smash, Jupiter Z dan Yamaha Vega ZR. “Untuk motor bebek dan sport per ini dirancang lebih kuat 20 % dari standarnya,” bilang Go Alex.

Untuk urusan harga, seperti Suzuki Titan dibanderol Rp 225 ribu, sedangkan untuk Honda Supra sama dilego dengan harga Rp 225 ribu. Untuk motor sport seperti Kawasaki KLX 250 seharga Rp 337 ribu, untuk Kawasaski Ninja 250 harganya Rp 300 ribu.