Cara Tepat Memperbaiki Karburator Banjir

Di era sekarang, motor hampir semua menggunakan sistem injeksi.
Walaupun demikian, para pengguna motor yang masih mengusung sistem karburator masih sangat banyak di jumpai.
Nah, masalah yang sering di temui pada motor yang masih menggunakan karburator adalah banjir. Bukan banjir terkena air lho. Dalam artian bensin yang ada di dalam karburator meluap.

Karburator pada dasarnya sebagai tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara sehingga nantinya akan menjadi kabut, kemudian pembakaran terjadi di ruang silinder.
"Karburator banjir sih biasanya karena faktor usia yang udah lama dan jarang di bersihin,"

Jika sudah mengalami masalah seperti ini, sebaiknya mengecek bagian Needle Valve. Fungsi Needle Valve itu sendiri sebagai pengatur buka tutup aliran bensin dari tangki ke karburator. Needle Valve sendiri terletak di bagian bawah karburator dan terhubung langsung dengan pelampung.

"Kalo karbu udah banjir coba deh cek bagian pelampung, biasanya katup pelampung yang ngatur aliran bensin gak menutup sempurna," 
Jangan khawatir, untuk mengatasi permasalahan ini cukup mudah dan bisa di lakukan sendiri.

Hal yang pertama di lakukan yakni melepas karburator dari intake manifold, kemudian melepas kabel cuk dan kabel gas.
Jika motor menggunakan filter udara, sebaiknya di lepas terlebih dahulu agar leluasa saat membongkar karburator.
Setelah itu lepas baut yang berada di bagian bawah karburator menggunakan obeng plus.
Selanjutnya jika bagian bawah karburator sudah terbuka, pelampung yang berbahan plastik putih akan terlihat.

"Kalo udah kebuka, tarik keluar pen yang ada di pelampung. Nanti pelampung dan Needle Valve bakalan lepas barengan. Setelah itu atur besi tempat nyantolnya Needle Velve, di bengkokin ke atas atau kebawah sampe bisa menutup sempurna," 
Jika sudah di rasa cukup, pasang kembali pelampung beserta Needle Valve.
Sebelum menutup bagian bawah karburator, sebaiknya lakukan pengecekan ulang.
Pengecekan bisa di lakukan dengan cara meniup lubang tempat masuk bensin ke karburator.
Kemudian gerakan pelampung ke atas dan ke bawah, pastikan saat pelampung berada di bawah Needle Valve terbuka penuh, dan saat pelampung di atas Needle Valve bisa menutup secara sempurna.

Sebelum memasang karburator ke intake manifold sebaiknya melakukan pembersihan terlebih dahulu, terutama pada bagian spuyer agar bersih dari kotoran.
Cara Tepat Memperbaiki Karburator Banjir Cara Tepat Memperbaiki Karburator Banjir Reviewed by Dangdut Mania on 21:45 Rating: 5
Post a Comment
Powered by Blogger.